Close

Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Listrik, PLN Sumbar Sediakan 303 Unit SPLU

MOTOR LISTRIK— PLN UIW Sumbar telah menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di berbagai titik tersebar di Sumbar, sebagai infrastruktur penunjang memenuhi kebutuhan para pengguna motor listrik.

WAHIDIN, METRO–Bagi pengguna motor listrik yang ingin ber­ken­dara jarak jauh, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sum­bar telah menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum di berbagai titik tersebar di Sumbar. Infras­truktur penunjang ini di­siap­kan untuk memenuhi ke­butuhan para pengguna mo­tor listrik ayng cepat atau lambat akan menjadi komoditas mayoritas.

Senior Manager PLN UIW Sumbar Nova Sagita, mengungkapkan PLN telah menyiapkan infrastruktur SPLU sebanyak 303 unit tersebar di Kota Padang dan berbagai daerah lainnya di Sumbar. “SPLU sudah tersebar di pusat-pusat keramaian dan da­erah strategis. Jadi para pengguna motor listrik tak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh,” ungkap Nova Sagita, dalam siaran persnya, Sabtu (23/7).

Pada kesempatan yang sama, Nova pun menyampaikan berbagi tips agar aman dan nyaman berkendara jarak jauh dengan motor listrik.  Pertama, Nova menyarankan agar kondisi saat akan berkendara dalam keadaan sehat dan cukup istirahat.

Kedua, Nova mengimbau agar selalu mengecek kondisi kendaraan dan perangkat pendukungnya sebelum bepergian. “Pastikan baterai dapam ke­ada­an penuh atau cukup. Jika perlu bawalah baterai ca­dangan. Dan pastikan kondisi seluruh sparepart motor dalam keadaan baik,” sebutnya.

Ketiga, tidak ada ruginya menyiapkan rencana perjalanan. “Dengan me­nge­tahui lokasi-lokasi tujuan sebelum perjalanan, anda dapat memperkirakan daya mampu baterai, atau di SPLU mana motor akan rehat untuk pengisian baterai,” jelas Nova.

Keempat, pastikan hand­phone dalam ke­ada­an stand by, kapasitas baterai cukup, memiliki akses internet, dan sudah terinstal PLN Mobile. “Dengan begitu anda dapat mengisi daya pada SPLU melalui PLN Mobile kapanpun dan di lokasi SPLU manapun. Kini lokasi SPLU di Sumbar juga dapat di-search dengan mudah via map aplikasi,” lanjut Nova.

Kelima, bawa perleng­kapan yagn sekiranya dibutuhkan dalam keadaan emergency. Keenam, bawa pula makanan dan minuman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Kemudian terakhir, ketujuh, segeralah istirahat saat merasa lelah atau mengantuk saat berkendara.

“Ini penting untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan,” ungkap Nova kemudian.

Sementara itu General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengaku sangat mendu­kung semakin meningkatnya peng­guna motor listrik di Sumbar. “Kami siap mendukung era baru berkendara ini lewat berbagai program dan layanan. Jadi bagi ma­sya­rakat yang ma­sih ragu untuk beralih, mari ambil motor listrik anda seka­rang,” tegasnya. (ade/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top