Close

Berkah Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan Capai 1,3 Juta Orang, 3 Lokasi Dibenahi di Kota Pa­dang Tahun ini

Eri Sendjaya Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang

JATI BARU, METRO–Cuti bersama dan li­bur Lebaran 1443 Hijriah yang cukup panjang,  mem­­bawa berkah untuk ob­jek wisata di Kota Pa­dang. Jumlah wisatawan meningkat sig­ni­fikan, baik wisatawan lokal mau­­pun luar daerah atau para pemudik yang pu­lang kampung.

Kepala Dinas Pari­wi­sata Kota Padang, Eri Sendj­aya meng­ungkap­kan, jum­lah pengunjung selama libur Lebaran ke berbagai objek wisata Kota Padang mencapai 1,3 juta pengun­jung. Ang­­ka ini didapat ber­da­sarkan kalkulasi data pe­tugas Dinas Pari­wisata yang bekerja sama de­ngan pokdarwis yang ada di Kota Padang.

“Alhamdulillah, dapat kita kalkulasikan jumlah kunjungan ke Padang se­lama libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mencapai 1,3 juta orang,” kata Eri Sanjaya, Senin (9/5).

Ia menyebutkan, jumlah kunjungan tertinggi adalah di Pantai Air Manis dan Masjid Al Hakim Pa­dang. Namun secara umum, kata Eri, peningkatan kunjungan terjadi disemua objek wisata Kota Padang yang berjumlah 90 titik lebih.

Dua destinasi unggulan tersebut paling banyak dikunjungi dengan berbagai alasan. Pantai air manis terkenal dengan ke­indahannya alamny. Sementara Masjid Al Hakim terkenal dengan arsitekturnya yang unik serta berada dipermukaan laut.

Diakuinya, cuti bersama dan libur Idul Fitri 1443 Hijriyah merupakan momentum mendongkrak kem­bali sektor pariwisata. Pa­salnya, pemerintah su­dah memberikan keleluasaan bagi masyarakat me­rayakan Idul Fitri tanpa pengetatan.

“Harus jadi momen meng­gairahkan kembali sektor pariwisata. Dua tahun terakhir sektor pariwisata cenderung turun akibat dampak pandemi Covid-19. Lebaran tahun ini, banyak perantau pulang kampung, sudah dua tahun kan, tidak pulang saat Lebaran,” ulas Eri.

Meski demikian, ia meng­ingatkan walaupun ada kelonggaran masya­rakat berwisata, penerapan protokol kesehatan Covid-19 tetap harus di­ke­de­pankan. “Kasus Covid-19 masih ada, kita harus tetap jaga prokes dengan baik terlebih berada di tempat keramaian, supaya situasi terkendali ini terus membaik dan hal ini dampaknya ke sektor pariwisata juga yang akan kembali pulih dan bangkit,” tukasnya.

Di sisi lain, untuk me­nye­dot wisatawan lebih banyak lagi ke Kota Pa­dang, Dinas Pariwisata akan fokus melakukan pem­be­nahan di beberapa titik objek wisata. Diantaranya, Taman Hutan Raya Bung Hatta dan Goa Kelelawar di Kecamatan Lubuk Kilangan dan Kampung Adat di Kuranji.

“Tiga lokasi itu target kita untuk mengembangkannya tahun ini,” sebut Eri. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top