Menu

Berjualan di Trotoar, PKL Ditertibkan

  Dibaca : 404 kali
Berjualan di Trotoar, PKL Ditertibkan
DIKUASAI PKL— Sejumlah trotoar di Kota Padang masih dikuasai para PKL. Mereka berdagang di atas trotoar yang seharusnya digunakan untuk pejalan kaki.

TAN MALAKA, METRO
Satpol PP Kota Padang kembali menertibkan sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih berjualan di atas trotoar, Senin (22/6). Penertiban ini sengaja dilakukan karena para pedagang membandel dan tetap berjualan di atas trotoar meski sudah diperingatkan.

Personel Satpol PP Padang menyisir satu persatu PKL yang berjualan di atas trotoar mulai dari Jalan Sawahan hingga Jalan Proklamasi, Kecamatan Padang Timur. Selain melakukan peneguran, petugas juga menaikkan barang dagangan PKL ke atas mobil Dalmas untuk dibawa dan didata di Mako Satpol PP, Jalan Tan Malaka.

“Ada dua PKL yang beberapa barangnya kita bawa ke Mako untuk di data, Alhamdulillah penertiban berjalan aman dan lancar. Sebelumnya kita juga sudah lakukan peneguran dan lakukan sosialisasi kepada pemilik dagangan terhadap Perda 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Serta larangan mengunakan trotoar dan badan jalan untuk dijadikan tempat untuk berjualan,” ujar Kasatpol PP Padang, Alfiadi.

Selain kawasan Kecamatan Padang Timur, personel Satpol PP Padang juga menertibkan pedagang yang berada di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Hamka hingga Tabing.

“Sebelumnya 20 PKL sudah kita tertibkan di sana, namun saat anggota melakukan patroli, kembali mendapati sebanyak enam PKL yang mengunakan trotoar. Untuk pemilik kita ingatkan kembali dan barang dagangannya kita bantu untuk dipindahkan, penertiban terus dilakukan secara bertahap,” kata mantan kepala Bapenda Padang ini.

Ia meminta kepada semua pedagang agar tidak melanggar Perda 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Satpol PP Padang setiap hari melakukan penertiban terhadap PKL yang melanggar Perda.

“Berjualan di atas trotoar, selain mengganggu pejalan kaki, juga merusak keindahan kota. Agar tidak berurusan dengan petugas, mari sama-sama kita patuhi aturan yang berlaku. Jangan gunakan fasilitas umum, seperti trotoar dan badan jalan untuk berjualan, karena bukan diperuntukan untuk itu,” tandasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional