Jago Merah Mengamuk di Bukit Sebelah Sijunjung

Anggota Damkar BPBD Sijunjung mencoba memadamkan api yang membakar kawasan Bukit Sebelah, Selasa (12/7). Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih satu hektare.
SIJUNJUNG, METRO–Kebakaran hutan kembali melanda hutan Sijunjung. Kali ini peristiwa kebakaran terjadi di Bukit Sebelah, Kecamatan Tanjung Gadang. Diperkirakan luas lahan yang terbakar mencapi sekitar satu hektare. Untuk memadamkan api tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung dengan seluruh armadanya turun langsung ke lokasi kejadian, Selasa (12/7).
Kalaksa BPBD Kabupaten Sijunjung Hardwian SP mengatakan bahwa kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melihat kepulan asap. Warga dengan sigap langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak BPBD Kabupaten Sijunjung.
”Setelah mendapatkan laporan tersebut, kita langsung menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api  agar tidak membesar dan merembet ke wilayah sekitarnya. Alhamdulillah sampai saat ini api sudah padam,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/7).
Hardiwan menambahkan dalam minggu-minggu ini anggota BPBD Sijunjung terus siaga dalam menghadapi kebakaran dan siap berjibaku memadamkan api karena hal tersebut sudah menjadi tugas dan tanggung jawab anggot BPBD Kabupaten Sijunjung.
Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, baik saat membersihkan lahan maupun ketika membuka lahan baru. ”Saat musim cuaca panas dan kering seperti ini ditambah tiupan angin yang kencang, api akan sangat mudah membesar,” paparnya. (cr1)

Exit mobile version