31 Preman Jalanan Digulung

Sekitar 31 preman digulung pada dua lokasi, di sepanjang Pantai Padang dan kawasan Plaza Andalas, Kamis (30/6) pukul 20.30 WIB. Puluhan preman diamankan di Mapolresta Padang.
PADANG, METRO–Puluhan preman jalanan diamankan jajaran Polresta Padang, saat giat Cipta Kondisi (Cipkon). Sekitar 31 preman digulung pada dua lokasi, di sepanjang Pantai Padang dan kawasan Plaza Andalas, Kamis (30/6) pukul 20.30 WIB.
“Preman yang kita tertibkan setelah menindaklanjuti laporan masyarakat diduga sebagai pelaku pungutan liar (pungli ) dan parkir liar. Mereka diamankan di dua lokasi,” terang Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kabag Ops Kompol Sumintak, Kamis malam.
Sumintak menambahkan, para preman yang terjaring dilakukan pendataan. Kemudian diminta untuk membuat surat penyataan setelah itu diberikan pembinaan oleh personel Sat Binmas Polresta. “Bagi juru parkir resmi diperbolehkan untuk kembali setelah memperlihatkan identitas resmi sebagai juru parkir. Namun, jika ada yang terbukti melakukan tindak pidana akan ditahan dan diproses sesuai aturan,” lanjut Sumintak.
Sumintak menuturkan, pihaknya sengaja memilih lokasi di sepanjang Pantai Padang dan di kawasan Plaza Andalas karena disana merupakan tempat keramaian.
”Giat Cipkon ini kita sengaja menyisir lokasi tersebut karena lokasi keramaian. Hal itu untuk mencegah tindakan kriminal terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah,” bebernya.
Sumintak mengungkapkan, Giat Cipkon tersebut akan terus ditingkatkan pelaksanaan guna mencegah dan mengatisipasi kejahatan di wilayah hukum Kota Padang sekaligus memberikan rasa aman pada masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa dan menyambut lebaran.
”Tidak hanya Satuan Binmas Polresta saja yang menggelar Giat Cipkon. Seluruh jajaran seperti Polsek-polsek juga diminta untuk melaksanakannya,” akhir Sumintak, mantan Kapolsek Padang Barat ini. (rg)

Exit mobile version