Tertangkap di Rumah Pacar, Pencuri Gagal Naik Pelaminan

PAYAKUMBUH, METRO–Malang sekali nasib Romi Nugroho (21), warga Pasaman Barat ini. Akibat ulahnya mencuri, selain terancam bakal gagal menikah dalam tahun ini, ia juga bakal merayakan lebaran di balik jeruji besi.
Romi dibekuk tim Satuan Reserse Kriminal Polsekta Payakumbuh bekerja sama dengan Polres Pasaman. Penangkapan terhadap pria yang mengaku masih menganggur tersebut berhasil dilakukan setelah polisi mendapat laporan kehilangan sepeda motor oleh seorang warga Payakumbuh bernama Dedek Irawan.
Dari laporan tersebut, korban menyebut sepeda motornya dibawa kabur Romi yang juga temannya itu. Aksi pencurian tersebut dilakukan korban, pada 1 Mei lalu di rumah korban di Kelurahan Koto Panjang Lampasi, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari.
Karena sudah sering berkunjung, korban tidak menaruh curiga terhadap tersangka Romi, namun kepercayaan tersebut justru dimanfaatkan oleh tersangka untuk membawa kabur sepeda motor korban.
Hingga akhirnya korban Dedek melapor ke polisi bahwa ia telah menjadi korban pencurian oleh temannya sendiri. Usia menerima laporan dari korban, Kapolsekta Payakumbuh, AKP. Russirwan memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan penyelidikan dan mencari informasi terkait keberadaan tersangka. Hingga akhirnya, polisi mendapatkan informasi keberadaan tersangka di rumah pacarnya di daerah Pasaman Barat.
Dibantu anggota Polres Pasaman, anggota Satreskrim Polsekta Payakumbuh akhirnya berhasil membekuk tersangka Romi. Ia dibekuk pertengahan Mei lalu saat bersembunyi di bawah kandang ayam di rumah sang pacar.
”Memang kita berhasil membekuk seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor. Tersangka yang kita duga telah beraksi di puluhan tempat ini, kita bekuk saat bersembunyi di rumah sang pacar. Dari penangkapan tersebut, juga diamankan 1 unit sepeda motor jenis Suzuki FU.
Sementara, kunci T yang dipergunakan untuk melancarkan aksi pencurian masih kita cari,” jelas Kapolres Payakumbuh AKBP Kuswoto melalui Kapolsekta Payakumbuh AKP Russirwan didampingi Kanit Reskrim Iptu Hendri Has, Minggu (12/6).
Dihadapan penyidik di Mapolsek Payakumbuh, tersangka Romi mengakui telah puluhan kali melakukan aksi pencurian kendaraan roda dua, 14 kali diantarannya ia lakukan diwilayah hukum Polres Payakumbuh. ”Saya telah puluhan kali melakukan pencurian sepeda motor pak. Kalo di Payakumbuh sudah belasan kali, namun saya tidak ingat lagi dimana tempatnya,” terang bujangan ini.
Dalam melakukan aksinya, tersangka Romi dibantu oleh sejumlah rekannya, namun hingga kini rekannya tersebut masih diburu petugas, termasuk tersangka yang menjadi penadah  yang membeli motor hasil curian tersebut. Hingga kini, untuk penyelidikan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolsekta Payakumbuh. (us)

Exit mobile version