JAKARTA, METRO–PT Pegadaian kembali menghadirkan Pegadaian Media Awards 2025 (PMA 2025), sebuah ajang kompetisi jurnalistik dan konten kreatif tahunan yang kini hadir dengan format lebih inklusif.
Mengusung tema “Bersama Pegadaian MengEMASkan Indonesia”, PMA 2025 membuka kesempatan tidak hanya bagi insan pers, tetapi juga masyaÂrakat umum yang memiliki semangat berkarya dalam bentuk tulisan, fotografi, dan konten digital.
“Tahun ini ada yang berbeda. Kami membuka partisipasi bagi masyaÂraÂkat umum yang memiliki passion di bidang jurnalistik dan konten kreatif. Kami optimis akan hadir banyak karya citizen journalism yang inspiratif dan berkualitas,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian, Dwi Hadi Atmaka, Kamis (31/7).
Kompetisi ini berlangsung mulai Juli hingga 30 September 2025, memberikan ruang eksplorasi dan ekspresi terhadap berbagai program, produk, dan layanan Pegadaian secara inovatif.
Kompetisi ini terbagi ke dalam dua kategori yaitu untuk jurnalis profesional baik media cetak, online, televisi, dan fotografi jurÂnaÂÂlisÂtik. Serta kategori umum yaitu artikel citizen jurnalism yang ditayangkan di Kompasiana.com, dan video instagram reels/TikTok yang diunggah ke akun pribadi.
Seluruh peserta wajib melakukan submission kaÂrya melalui microsite resÂmi PMA 2025 di https://bit.ly/Pegadaian MediaÂAwards 2025. Di situs tersebut, peserta juga dapat mengakses informasi penting lainnya seperti syarat dan ketentuan, dafÂtar juri, jumlah karya masuk, hingga total hadiah yang diperebutkan.
Lima Subtema Utama PMA 2025: Layanan Digital Pegadaian: Kemudahan akses produk dan layanan Pegadaian secara daring, termasuk investasi dan pembiayaan emas melalui aplikasi digital.
Layanan Bank Emas Pegadaian: Inovasi layanan seperti Deposito Emas, Pinjaman Modal Kerja Emas, hingga Jasa Titipan Emas Korporasi.
















