Bangun Kabupaten Pasaman Barat, DPUPR Gelontorkan Anggaran Rp 102 Miliar Tahun 2024

PENGERJAAN jalan yang hampir rampung di Kabupaten Pasbar.

SEBANYAK Rp 102 Miliyar anggaran digelontorkan oleh Dinas Pekejaan Umum dan Pena­taan Ruang (DPUPR), Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada tahun 2024 untuk pembangunan jalan, jembatan, irigasi serta pembangunan lainya.

“Alhamdulilah kita banyak mendapatkan anggaran baik itu dari pusat maupun itu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (AP­BD) Kabupaten Pasbar,” ujar Kadis DPUPR Pasbar Elifsan SH.

Dikatakan Elifsan, jumlah Rp 102 Miliar itu terdiri dari, belanja modal sebanyak Rp 86 Miliar yang terletak pada tiga bidang yakni bidang ciptakarya, PSDA dan bina marga.

“Dengan rincian, Rp 77 M, terletak pada Bidang Bina Marga, Rp 5,3 M pada bidang PSDA, dan pada Bidang Cipta Karya seba­nyak Rp 7,9 M,”ujar Elifsan.

Untuk jalan terdiri sebanyak 66 M, Jembatan 9,6 M, untuk Irigasi dan sejenisnya sebanyak 3,3 M, untuk sungai dengan Pe­nguatan tebing sebanyak Rp 1,9 M. untuk SPAM sebanyak 800 juta, Gedung 3,9 M dan Sanitasi se­banyak 3M.

Sedangkan untuk progres kegiatan yang ada pada DPUPR, telah terilisasi sebanyak 4,3 M, dengan bobot Pisik 52 Persen pada tanggal 30 September tahun 2024, hal ini dibandingkan pada tahun sebelumnya pada 2023 di bulan yang sama terjadi pening­katan yang lebih baik. Dimana pada Bulan Septermber tahun 2023 hanya 18,92 persen se­dangkan pekerjaan pisiknya ha­nya 21 persen.

“Pada tahun 2024 ini, kita mendapatkan Dana Alokasi Khu­sus (DAK), untuk jalan 20 M, Irigasi, 1,6 M dan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit sebanyak 32 M, su­dah berjalan semuanya kegiatan itu. Kegiatan DAK dan DBH ini sedang berjalan saat ini, con­tohnya pembangunan jalan long­sor yang ada di Nagari Kajai, pengaspalan di beberapa Keca­ matan di Pasbar,”pungkas Elifsan. (***)

Exit mobile version