China Taklukkan Indonesia 2-1

Para pemain China selebrasi kemenangan, sementara pemain Indonesia terlihat lesu kekalahan usai ditekuk dengan skor 2-1.

TIMNAS Indonesia takluk 2-1 dari tuan rumah China dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kekalahan ini membuat Skuad Garuda gagal mendapatkan poin dan tak bergerak di posisi ke-5 klasemen Grup C.

China Vs Indonesia bentrok pada matchday keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia. Laga berlangsung di Stadion Qingdao Youth Football, Qingdao, Selasa (15/10).

Sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia le­bih mendominasi penguasaan bola dengan permai­nan yang sabar. Namun, peluang pertama datang dari Jay Idzes, yang sundulannya menyambut tendangan bebas Nathan, ma­sih dapat dengan mu­dah diamankan oleh kiper China, Wang Dalei.

Beberapa menit kemudian, Oratmangoen mencoba peruntungannya dengan melewati tiga pemain China sebelum melepaskan tembakan jarak jauh, tapi bola melambung jauh dari sasaran.

Gol Pembuka China

China berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-21 melalui Abduwelli. Kesalahan dari Pattinama yang membiarkan bola keluar dari lapangan dimanfaatkan oleh pemain China untuk memberikan umpan kepada Abduwelli, yang dengan sempurna menuntaskan peluang ter­sebut. Skor 1-0 untuk China.

Pada menit ke-26, Xie Wenneng mendapat peluang emas di depan kotak penalti, namun tembakan terukurnya berhasil ditepis oleh Ernando Ari Sutaryadi, kiper Timnas Indonesia.

Garuda terus berusaha membalas, namun serangkaian tembakan dari Jenner dan Verdonk juga ma­sih bisa digagalkan oleh Wang Dalei.

China Tambah Gol di Menit Akhir Babak Pertama

Menjelang akhir babak pertama, tepatnya di menit ke-44, China menggandakan keunggulan lewat Zhang Yuning.

Umpan terobosan ke dalam kotak penalti dimanfaatkan Zhang dengan tendangan keras ke arah kanan gawang, mengubah skor menjadi 2-0 sebelum turun minum.

Gol Balasan Indonesia

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa pergantian pemain, dengan memasukkan Thom Haye, Ridho, dan Marselino untuk mening­katkan serangan.

Timnas Indonesia kembali mendominasi penguasaan bola hingga mencapai 70 persen, namun kesulitan menciptakan peluang berbahaya di depan gawang lawan.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya datang di menit ke-86. Thom Haye berhasil mencetak gol dari situasi kemelut setelah tendangan bebas.

Bola yang dilepaskan Haye sedikit membentur pemain lawan sebelum akhirnya meluncur ke ga­wang China, memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Meskipun Timnas Indonesia terus berusaha menekan hingga akhir per­tandingan, mereka tidak mampu menyamakan ke­dudukan. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi, dan China berhasil meraih kemenangan.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia harus rela mengakui keunggulan China di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kekalahan ini membuat Indonesia tetap di posisi ke-5 dengan 3 poin.

China menyusul di posisi ke-6 dengan poin sama namun kalah selisih gol dari Skuad Garuda. Di puncak klasemen masih dipimpin Jepang dengan 10 poin. Lalu disusul Australia dengan 5 poin di tempat kedua. (jpg)

Exit mobile version