Hujan Deras, Kota Padang Dilanda Pohon Tumbang dan Longsor

BENCANA— Tim BPBD melakukan pembersihan longsor dan pohon tumbang di Padang.

PADANG, METRO–Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang Kota pada Minggu (13/10), menyebabkan terjadi­nya bencana tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa titik.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton mengungkapkan, pohon tumbang dan tanah longsor ini terjadi usai wilayah setempat diguyur hujan dan angin kencang.

“Kejadian ini terjadi karena adanya hujan dan angin kencang sehingga menyebabkan terjadinya longsor dan pohon tumbang,” ungkapnya.

Hendri Zulviton menjelaskan, sejumlah wilayah yang dilanda, diantaranya di Jalan Baru Nipah Teluk Bayur, Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. “Di wilayah ini pohon tumbang dan longsor dilaporkan dua titik sekitar pukul 01:30 WIB, dan mengakibatkan akses terganggu dan tidak bisa dilalui kendaraan roda 4,” kata Hendri Zulviton.

Hendri Zulviton menambahkan, kemudian pohon tumbang dan tanah longsor dilaporkan menimpa rumah di Jalan Palembang – Depan Pasar Gaung, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX.

“D isini longsor dengan panjang 12 meter dari atas ke bawah dan 6 meter lebarnya, serta pohon tumbang menimpa rumah,” terangnya.

Dikatakan Hendri Zulviton , tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan pengerjaan pohon tumbang sudah dikerjakan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang.

“Untuk longsor dilakukan secara manual apa yang bisa dikerjakan, sementara belum bisa dilalui kendaraan roda 4 karena masih dilakukan pem­ber­sihan,”ujarnya.

Terkait bencana, Hendri Zulviton menuturkan, kondisi cuaca memang cu­kup ekstrem, sehingga pihaknya mengimbau ma­sya­rakat untuk tetap waspada, terutama di wilayah yang rawan longsor dan banjir.

“Selain BPBD, beberapa instansi terkait juga turut serta dalam upaya penanganan. PUPR, Babinsa, dan masyarakat setempat juga ikut membantu dalam proses pembersihan,” tutupnya. (brm)

Exit mobile version