Pembangunan Bidang Teknologi Informasi di Sijunjung Meningkat Tiga Tahun Terakhir, 98 Persen Nagari sudah Miliki Akses Jaringan Telekomunikasi

TOWER BTS— Bupati Sijunjung Benny Dwifa bersama Anggota DPR RI Andre Rosiade saat peresmian pembangunan tower BTS di Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Progres pembangunan Kabupaten Si­junjung di bidang teknologi informasi se­men­jak beberapa tahun terakhir patut di­acu­ngi jempol. Te­rutama dalam upa­ya per­cepatan pem­ba­ngu­nan ak­ses jaringan tele­komunikasi di selu­ruh kecamatan hing­ga nagari yang ada.

Sejak tahun 2022 hingga 2024 saat ini setidaknya sebanyak 9 tower BTS untuk akses jaringan telekomunikasi berhasil dibangun di Kabu­paten Sijunjung yang terse­bar di sejumlah nagari.

Selain pembangunan tower BTS di nagari, Pem­kab Sijunjung melalui dinas Kominfo juga telah mem­perluas jaringan fiber optic (FO) yang menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sijun­jung.

Dari sebelumnya ma­sya­rakat tidak bisa berko­munikasi melalui Hand­phone hingga mengguna­kan jaringan internet, ber­kat pembangunan tadi, kini sudah bisa menikmati man­faatnya dalam berbagai kegiatan.

Pembangunan itu men­jadikan titik blank spot di Kabupaten Sijunjung terus berkurang, bahkan pem­bebasan titik blank spot kini sudah mencapai 98 persen dari 62 nagari yang ada. Artinya, saat ini hampir seluruh nagari sudah me­miliki akses jaringan tele­komunikasi dan internet.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa didampingi Kepala Dinas Kominfo David Rinal­do menjelaskan, adanya akses jaringan komunikasi di nagari berdampak pada banyak sektor pemba­ngu­nan secara menyeluruh.

“Kami memahami bah­wa jaringan telekomunikasi saat ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Hampir seluruh aktifitas kini mem­butuhkan akses jaringan telekomunikasi. Alham­dulillah sejak beberapa tahun terakhir fasilitas untuk itu sudah bisa dinik­mati masyarakat Sijun­jung,” tuturnya.

Benny Dwifa menga­takan, salah satu indikator dalam kemajuan pemba­ngunan di daerah adanya akses jaringan telekomuni­kasi. “Sejak tiga tahun ter­akhir pembangunan di bi­dang teknologi informasi di Sijunjung semakin me­ningkat. Kita patut ber­syukur, karena di tengah keterbatasan anggaran pascapandemi Covid-19, Sijunjung masih bisa terus membangun,” ungkapnya.

Disampaikannya, ter­wujudnya pembangunan di bidang itu berkat dukungan dari banyak pihak, teruta­ma Anggota DPR RI Andre Ro­sia­de dan PT Telkom serta pihak lainnya yang terlibat.

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo menambahkan saat ini pem­­bebasan titik blank spot sudah mencapai 98 persen. “Selain pembangunan to­wer, perluasan jaringan Fiber Optic juga sudah me­nyeluruh di delapan keca­matan yang ada di Kabu­paten Sijunjung. Artinya, untuk akses jaringan ham­pir seluruh nagari/desa sudah memiliki,” sebutnya.

Sedangkan untuk pem­bangunan tower BTS ter­hitung dari tahun 2022 hing­ga 2024 terdapat sebanyak 9 titik diantaranya di Nagari Paru, Nagari Padang tarok, Nagari Guguk, Nagari Koto Tuo, Nagari Kunpar, Tim­peh VII (Nagari Kamang), Na­gari Lubuk Tarantang, Na­gari Kampung Dalam dan Nagari Tanjung La­buah.

“Dengan daerah yang luas serta kondisi geografis kita yang perbukitan, mem­buat penyebaran jari­ngan telekomunikasi belum menyeluruh. Nanti kita akan upayakan untuk per­lua­san jangkauan jaringan. Begitu juga dengan Nagari Langki dan Silongo akan segera diupayakan,” tam­bah David Rinaldo. (ndo)

Exit mobile version