UUS Bank Nagari Raih Skor Tertinggi di Kelas Aset Rp 2,5 T-di Bawah Rp 5 T

BANK NAGARI— Kantor pusat Bank Nagari di Jalan Pemuda Nomor 21, Padang Barat, Kota Padang.

PADANG, METRO–Prestasi gemilang kembali dito­rehkan oleh Bank Nagari tahun ini. Ka­li ini, bank kebanggaan ma­syarakat Sumatra Ba­rat (Sumbar) itu berhasil meraih predikat Sangat Ba­gus melalui Unit Usaha Syariah (UUS) dengan men­­­dapatkan skor tertinggi di kelas aset Rp 2,5 triliun sam­pai di bawah Rp 5 triliun.

Ada enam UUS yang mengisi kelas aset tersebut berdasarkan penilaian dari Majalah InfoBank. Empat dari enam UUS, termasuk UUS Bank Nagari, berhasil meraih predikat Sangat Bagus pada penilaian ter­sebut.

Berdasarkan data rating, dari enam aspek peni­laian, UUS Bank Nagari yang dipimpin Direktur Utama (Dirut) Gusti Can­dra itu, meraih skor sem­purna di empat aspek, yakni rentabilitas, efisiensi, kontribusi terhadap induk, dan pertumbuhan.

Dengan prestasi itu, Dirut Bank Nagari yang sekaligus Pjs Direktur Kre­dit dan Syariah Gusti Can­dra menjelaskan, dari sisi rentabilitas, kinerja UUS Bank Nagari sangat baik. Hal itu dibuktikan dari rasio Return on Asset (ROA) di posisi 4,20 persen, jauh di atas kelompoknya. Dari sisi efisiensi juga cukup me­nonjol. BO/PO-nya paling rendah di antara peer-nya, di posisi 54,47 persen.

Tak hanya itu, kontribu­sinya terhadap induk, yakni Bank Nagari, baik dari sisi aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), pembiayaan, mau­pun laba, sangat signifi­kan. Rinciannya, aset 13,83 per­sen, DPK 14,29 persen, pembiayaan 14,17 persen, dan laba 31,53 persen. Be­gitu juga dari sisi pertum­buhan. Sejumlah pos keua­ngan pentingnya tumbuh double digit.

Selanjutnya dari sisi fungsi intermediasi, pada 2023 lalu, UUS Bank Nagari menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,41 triliun atau meningkat 38,00 persen year on year (YoY). Per­tum­buhan pembiayaan ini jauh di atas perbankan sya­riah yang tercatat men­capai 15,63 persen yoy.

Sementara, DPK tum­buh 21,36 persen yoy atau menjadi Rp 3,71 triliun. Pertumbuhan DPK UUS Bank Nagari ini juga di atas pertumbuhan perbankan syariah.

Bisnis yang tumbuh so­lid berimbas pada pening­katan laba hingga 51,08 yoy atau menjadi Rp 165,17 miliar. Di akhir 2023, UUS Bank Nagari tercatat me­miliki total aset Rp 4,41 triliun atau melonjak 34,51 persen secara tahunan.

Lebih lanjut Gusti Can­dra menyampaikan, keber­hasilan yang diraih oleh UUS Bank Nagari merupa­kan hasil kerja keras dan bentuk kontribusi Bank Nagari dalam mengem­bangkan perbankan sya­riah di Provinsi Sumbar.

Dengan semua itu, Gus­ti berharap Bank Nagari, khususnya UUS, terus me­norehkan prestasi-prestasi membanggakan yang ten­tunya memberikan kontri­busi terhadap perkem­bangan dan pertumbuhan ekonomi syariah di seluruh daerah di Provinsi Sumbar. (***)

Exit mobile version