Wagub Sumbar Buka TMMD ke-121 di Padang Pariaman, Atasi Keterisoliran, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SIMBOLIS— Wagub Audy Joinaldy secara simbolis serahkan peralatan untuk pelaksanaan TMMD.

PROGRAM TNI Ma­nunggal Membangun De­sa (TMMD) ke-121 tahun 2024 dilaksanakan di Nagari Kuranji Hulu Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman mulai 24 Juli hingga 22 Agustus 2024

Wakil Gubernur Su­ma­tera Barat (Wagub Sum­bar), Audy Joinaldy menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan TMMD ke-121 yang digelar di lapangan Sepak Bola Koto Bangko, Nagari Kuranji Hulu Sungai Sirah, Rabu (24/7).

Au­dy mengatakan, TMMD program kolaborasi berbagai pihak untuk membangun desa, sekaligus meningkatkan pere­konomian masyarakat. Di mana, TMMD merupakan program lintas sektoral antara TNI, kementerian, lembaga non kementerian, pemerintah daerah, dan komponen masya­rakat lainnya dalam upaya mem­buka keterisoliran dan kemiskinan di desa.

“Terbukanya keterisoliran masyarakat selama ini, diharapkan menjadi motivasi dan inspirasi untuk berkemajuan, sekaligus me­ningkat pula kesejah­teraan masyarakat nantinya” ucap Audy pa­da program TMMD yang mengusung te­ma “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah” itu.

Audy menjelas­kan,­ kriteria dan sasaran prioritas TMMD adalah daerah tergolong miskin tertinggal, terisolir dan terpencil, perbatasan pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain akibat bencana.

Pada kesempatan itu, Audy juga menyampaikan terimakasih kepada Korem 032 Wirabraja Sum­bar dan Kodim 0308 Pa­riaman yang telah me­nunjuk Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging, Padang Pariaman seba­gai lokasi TMMD ke-121 tahun 2024.

“Semoga dengan terbukanya keterisoliran me­­ lalui program TMMD ini, menjadi motivasi dan inspirasi untuk ketahanan tangguh masyarakat pe­desaan” harap Audy.

Ia menyebut, kesuksesan dari berbagai program yang akan dilaksanakan secara  fisik dan non fisik ini, tentu adanya bersinergi dan ber­kolaborasi OPD tingkat Sumbar mau­pun OPD Padang Pariaman. Dengan demikian, masya­rakat bisa menikmati atas program kemanunggalan TNI dengan masyarakat ini. Terwujud ketahanan tangguh di tengah-tengah masya­rakat.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dan­dim 0308 Pariaman yang menunjukan kolaborasi sangat kuat, sehingga kegiatan ini bisa berjalan sangat baik.

Suhatri Bur juga berharap kegiatan TMMD ini akan meningkatkan  pertumbuhan ekonomi, karena dengan telah dibukanya akses jalan. Lalu menggerakkan roda perekonomian. Oleh karena itu, pihaknya akan terus  menganggarkan kegiatan ini di tahun berikutnya. “Kita terus berupaya melanjutkan kegiatan ini setiap tahunnya,” terangnya.

Dandim 0308 Pariaman Letkol Inf. Dwi Widodo, mengatakan TMMD ke-121 tahun 2024 sasaran fisiknya yakni, pembuatan badan jalan baru sepanjang 2,2 kilometer, pembangunan dua unit jembatan plat, pemasangan gorong-gorong, rehab satu unit masjid, rehab 14 unit rumah tidak layak huni (RTLH), penyediaan sumber air bersih sebanyak dua unit, dan pembangunan MCK sebanyak dua unit.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Ma­sya­rakat Desa (PMD) Sum­bar melalui Kabid Kerja Sama dan Pembangunan Kawasan Perdesaan, Vera Irawati, ST MT menambahkan, untuk sa­saran non fisik, antara lain penyuluhan bela ne­gara, wawasan kebangsaan, pelayanan ke­se­hatan, pertanian, pen­didikan, hukum dan kamtibmas.

Lalu, penyuluhan bahaya narkoba, keagamaan, KB Kes, pelayanan publik, lingkungan hidup dan kehutanan, stunting, Posyandu, Posbindu, bahaya judi  online dan pinjol, serta penanaman pohon keras berbuah sebanyak 2.300 batang.

Pembukaan TMMD ke-121 dihadiri Danrem 032/Wi­rabraja Sumbar Brig­jen TNI, Wahyu Eko Purnomo, Dan­­lanud Sutan Syahril, Kol. Nav Sani Salman Nu­rya­­din,  Ketua DPRD Pa­dang Pariaman Arwinsyah dan se­jumlah Kepala OPD Sumbar maupun Pa­dang Pariaman, ninik mamak, alim ulama, ormas kepemudaan, bun­do kanduang serta ma­sya­rakat.(**)

Exit mobile version