Layanan Mesin ATM Ranking 1, Layanan Teller Terbaik 2, Gusti Candra Bank Nagari Penuhi Ekspektasi Nasabah

TERIMA PENGHARGAAN— Dirut Bank Nagari Gusti Candra menerima penghargaan pada ajang penghargaan 21th Infobank-MRI Banking Service Excellence 2024,

JAKARTA, METRO–Dua prestasi bergengsi dan membanggakan berhasil diraih oleh Bank Nagari pada ajang peng­hargaan 21th Infobank-MRI Banking Service Excellence 2024. Dua penghargaan itu dian­tara­nya The 1st Best ATM untuk Regional Development Bank dan The 2nd Best Teller untuk Regional Development Bank.

Penilaian Banking Service Excellence 2024 sendiri dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) terhadap Bank Konvensio­n­al, Bank Syariah, Unit Usaha Syariah, BPD dan Bank Digital, serta layanan digital. Dua penghargaan dari tersebut diterima lang­sung oleh Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari Gusti Candra di Kempinski Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (2/7).

Dirut Bank Nagari Gusti Candra mengatakan, de­ngan diraihnya ranking 1 dalam pelayanan mesin ATM dan layanan teller, menunjukkan layanan yang diberikan oleh Bank Nagari kepada para na­sabah sangat baik, sehing­ga mereka menjadi terla­yani dan terpuaskan.

“Seperti kita tahu untuk mendapatkan penghar­ga­an ini tentu tidak mudah. Kerja keras dan penghar­gaan yang didapatkan me­nunjukkan bahwa mesin-mesin ATM Bank Nagari mampu memenuhi eks­pek­tasi nasabah, baik dari ketersedian uang, aplikasi, item, keamanan, dan lain­nya,” katanya.

Ia menambahkan, un­tuk prestasi yang didapat­kan untuk teller, hal itu membuktikan bahwa Bank Nagari berhasil memberi­kan dan menun­jukkan ke­ra­mahan kepada setiap na­sabah dengan respon yang cepat, baik, dan jelas.

“Dengan penghargaan yang Bank Nagari dapat­kan ini, kami juga berte­rima kasih kepada Peme­gang Saham Gubernur, Bupati/Walikota, serta Ko­perasi Keluarga Besar Bank Nagari yang telah membe­rikan dukungan penuh agar kami bisa bekerja lebih maksimal,” ujarnya.

Gusti juga berharap kepada pemegang saham untuk mengimbau masya­rakat untuk selalu meng­gunakan layanan Bank Na­gari dalam akti­vitas dan kehidupan se­hari-hari, khu­susnya dalam aktivitas perbankan.

Direktur Keuangan Bank Nagari Roni Edrian me­nga­ta­kan, penilaian Bank Service Exellent 2024 yang dilakukan oleh MRI ini me­rupakan salah satu uku­ran kualitas service atau laya­nan bank dimata nasabah.

“Semoga ini menjadi semangat dan motivasi  bagi kita untuk selalu me­ningkatkan layanan khu­sus­nya di frontliner, se­hingga nasabah dan ma­sya­rakat akan merasa nya­­man untuk menjadikan Bank Nagari sebagai bank utama mereka, yang ten­tunya akan meningkatkan dananya di Bank Nagari khususnya tabungan, yang pada akhirnya akan me­ningkatkan dana murah (CASA) Bank Nagari ke depannya,” jelasnya.

Selain itu penghargaan ini juga membuktikan Bank Nagari tidak kalah dengan bank lainya, karena human tidak serta merta bisa di­gantikan oleh teknologi, sehingga semakin baik layanan maka akan se­makin baik bisnis.

“Ke depannya  kita ti­dak hanya ingin menda­patkan penghargaan untuk dua kategori di atas, tapi kita ingin mendapatkan penghargaan lainya se­perti kategori Customer Service, Security layana­nan digital, mobil banking, Laku Pandai, dan lainnya,” kata Roni.

“Terima kasih kepada Pemimpin Divisi, Pemim­pin Cabang, dan seluruh karyawan/ti atas sema­ngatnya untuk memberi­kan yang terbaik untuk Bank Nagari,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pem­berian penghargaan dida­sarkan pada hasil survei yang dilakukan MRI sejak akhir 2023 hingga Maret 2024. Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024” itu untuk mengukur kualitas service atau layanan bank di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.

“Secara garis besar, seluruh touch point yang memfasilitasi interaksi na­sabah secara langsung dengan banknya diikutser­takan dalam aspek peni­laian BSEM 2024 untuk mem­­berikan padangan terhadap customer ekspe­rience secara holistik,” ujar Direktur Uta­ma MRI Harry Puspito, dalam kata sam­butannya.

Ada dua kategori touch point perbankan yang diu­las dalam survei BSEM 2024. Pertama, kantor ca­bang dan layanan prioritas dari bank umum sebagai touchpoint perbankan tra_ disional yang mengambil bobot sebesar 43%.

Kedua, touchpoint digital yang meliputi layanan electronic banking (phone banking, SMS banking, mobile banking, internet banking, dan aplikasi investasi), layanan pembukaan reke­ning online, digital branch, ATM dan CRM, serta ber­bagai saluran layanan contact center, seperti call center, chatbot, social media, live chat, email, dan website perbankan yang bersama-sama mengambil bobot 57%.

Sementara itu, pengu­kuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan me­tode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah de­ngan mengirimkan sejum­lah shopper yang bertin­dak sebagai pelanggan sesungguhnya.

Pemberian penghar­ga­an BSEA 2024 ini m­eru­pakan bentuk penghar­gaan ke­pada bank-bank yang ber­hasil melakukan pening­katan layanan de­ngan ino­vasi teknologi digital.

“Saat ini sedang heboh bobolnya server Pusat Da­ta Nasional Sementara (PDNS). Untuk itu, sema­ngat bank dalam meman­faatkan teknologi digital tetap harus dibarengi de­ngan peningkatan security system tanpa mengabai­kan fokus pada customer centric,” ujar Eko B. Sup­riyanto, Chairman Info­bank Media Group, dalam sambutannya. (*)

Exit mobile version