Diganjar Penghargaan oleh BKKBN, Rumah DataKu Nagari Taratak Baru Sijunjung  Terbaik I Tingkat Nasional

TERIMA PENGHARGAAN— Bupati Sijunjung Benny Dwifa didampingi Kepala Dinas Roni Satria, Wali Nagari Taratak Baru dan Pengelola Rumah Dataku Nagari Taratak Baru usai menerima penghargaan dari BKKBN RI.

SIJUNJUNG, METRO–PemerintahPemerintah Pusat melalui Kepala Badan Kepen­dudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan penghargaan kepada Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Sijunjung sebagai yang terbaik di tingkat nasional dalam pengelolaan Rumah DataKu.

Capaian tersebut kembali mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung di tingkat nasional. Penghargaan diserahkan langsung oleh BKKBN RI Hasto Wardoyo kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa.

Penghargaan itu merupakan Rumah Data Kependudukan (RDK) Nagari Ta­ratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung sebagai terbaik I pada penilaian apresiasi insan rumah data kependudukan BKKBN ting­kat Nasional tahun 2024 untuk Kategori Konvensional.  Penyerahan penghargaan tersebut bertepatan dengan menyemarakkan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terkait terutama kepada masyarakat Nagari Taratak Baru.

“Penghargaan ini berkat usaha dan kerja keras banyak pihak. Untuk menjadi yang terbaik dari seluruh desa/ nagari tingkat nasional tidaklah mudah. Ini suatu kebanggaan bagi kita Kabupaten Sijunjung,” tutur Benny Dwifa.

Bupati Benny Dwifa me­ngakui bahwa pentingnya data dalam menentukan arah dan kebijakan pembangunan suatu daerah. “Rumah DataKu di Kampung KB sebagai sumber data bagi pemerintah daerah untuk menentukan kebijakan pembangunan. Pemanfaatan data yang ada bertujuan mewujudkan pembangunan nagari yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di nagari,” terangnya.

Rumah DataKu sebagai pusat data kependudukan di tingkat mikro, dibangun untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi keluarga terkait dengan pembangunan di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), desa dan kelurahan.

“Rumah DataKu merupakan tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat paling kecil di nagari,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Taratak Baru Mankasbi juga mengatakan Rumah Dataku menjadi sangat penting dalam pengelolaan data nagari, dan tidak terlepas dari arah pembangunan nagari.

Pemanfaatan data ke­pendudukan secara mikro pengelolaannya mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, me­nganalisis data yang bersumber dari, oleh dan ma­syarakat sebagai basis untuk mengintervensi pembangunan di kampung KB.

“Dengan adanya upaya itu tentu akan membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai sektor,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Sijunjung hingga Rumah Dataku Nagari Ta­ratak Baru menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Penerimaan penghargaan oleh Bupati Benny Dwifa itu juga didampingi Kepala Dinas Pengenda­lian Penduduk dan Keluarga Berencana, Roni Satria. Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Tanjung Gadang, Lili Susanti. Wali Nagari Taratak Baru, Mankasbi dan Ketua BPN, Walvis Iprizon, Ketua Kampung KB Nagari Taratak Baru, Charlesmanto serta Ketua Rumah DataKu Nagari Tara­tak Baru, Rahmi. (ndo)

Exit mobile version