Ganjar Sebut Megawati Akan Umumkan Sikap Politik di Kongres 2025

RAKERNAS— Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya saat menutup Rakernas V PDIP.

JAKARTA, METRO–Mantan calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebut, Mega­wa­ti Soekarnoputri akan mengumumkan sikap politik partai pada Kongres PDIP yang akan digelar pada 2025 mendatang. Hal ini setelah Megawati belum memutuskan sikap politik berada di dalam atau di luar pe­me­rin­tahan Prabowo Subianto-Gibran Raka­bu­ming Raka pada periode 2024-2029.

“Ya kalau sikap sebe­narnya ada di poin raker­nas kalau tidak salah, itu akan diserahkan kepada ketua umum dan tadi ibu sampaikan, pasti akan di­sampaikan di kongres ka­rena terkait dengan politik yang lebih besar,” kata Ganjar di area Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5).

Ganjar juga menyoroti rekomendasi eksternal ha­sil Rakernas V PDIP. Salah satunya, mendorong pe­me­rintah membuat regu­lasi yang adil terhadap partai yang berada di da­lam dan di luar peme­rin­tahan.

“Saya kira pasti teman-teman sangat bisa mem­baca soal itu dan satu per­satu tadi Mbak Puan (Maharani) membacakan de­ngan sangat bagus, kita menilai bagaimana pelak­sanaan pemilu kali ini di­mana butuh perbaikan di sana-sini,” tegas Ganjar.

Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri tidak mengumumkan sikap politik partai pada pe­me­rintahan periode 2024-2029. Megawati hanya meminta seluruh kader PDIP untuk disiplin berada di bawah komandonya.

“Maka, sikap politik PDI Perjuangan didasarkan pada pemikiran, mana yang akan membawa bang­sa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat dan lebih berdiri di atas kaki sendiri, itu lah landasan pilihan sikap politik kita,” ucap Megawati saat menyam­paikan pidato politik pada penutupan Rakernas-V PDIP di Beach City International, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/5).

“Makanya kalau nggak ada yang ikut, nggak ber­disiplin dan tahu toh, ibu mau ngapain? Nah,” sam­bungnya.

Megawati mengutara­kan, perlu ada perhitungan politik terkait sikap yang nantinya diambil PDIP un­tuk bergabung ke peme­rintahan Prabowo Subian­to-Gibran Rakabuming Ra­ka atau berada di luar pe­merintahan. (jpg)

Exit mobile version