Penuhi Kebutuhan Warga Terdampak Bencana, Pemprov Sumbar Operasionalkan 3 Dapur Umum

SALURKAN BANTUAN— Dinas Sosial Provinsi Sumbar menyalurkan bantuan kepada para pengungsi korban banjir bandang.

PADANG, METRO–Pemeri ntah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) terus berupaya memastikan terpenuhinya kebutuhan dasar bagi warga korban banjir dan longsor di Kabu­paten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. Selain menyalurkan ban­tuan logistik, Pemprov me­lalui Dinas Sosial (Dinsos) juga mendirikan sejumlah dapur umum.

“Di masa tanggap da­rurat, yang harus kita pas­tikan adalah terpenuhinya kebutuhan warga, baik yang di pengungsian mau pun di luar pengungsian. Jangan sampai ada warga yang terdampak ini yang kesulitan makan minum­nya,” ujar Gubernur Sum­bar, Mahyeldi Ansharullah usai rapat koordinasi ber­sama Kepala BNPB dan Kepala BMKG di ruang VVIP BIM, Selasa (14/5).

Secara rinci, Gubernur melalui Kepala Dinsos Sum­ bar, Syaifullah menye­but­kan, pada tang­gal 12 Mei lalu pihaknya telah me­nyalurkan bantuan logistik ke lokasi kejadian banjir dan longsor di Agam dan Tanah Datar. Terdiri dari kasur, selimut, dan kid­ware, air mineral, makan siap saji, hingga tenda keluarga dengan nilai total bantuan Rp 69 juta.

“Selain itu, berda­sa­r­kan arahan bapak guber­nur, kita juga telah mem­buka dapur umum seba­nyak tiga titik, yaitu di Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang. Setiap dapur umum itu disupport beras 500 kilogram. Rekan-rekan Tagana dari kabupa­ten/kota juga telah kita kerahkan untuk kelan­ca­raan pengoperasian dapur umum ini,” ucap Syaifullah.

Di samping itu, Dinsos Sumbar saat ini juga te­ngah menghimpun donasi untuk disalurkan ke da­erah terdampak banjir dan long­sor. Sebab, selain bagi war­ga yang tinggal di pe­ngung­sian, juga tengah disiapkan bantuan paket sembako bagi warga ter­dam­pak yang masih ting­gal di rumah masing-ma­sing.

“Kami mengimbau ke­pada seluruh pihak yang memiliki keringanan, untuk turut mengulurkan tangan membantu saudara-sau­dara kita yang sedang ditim­pa bencana di Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang,” ucapnya lagi. (fan)

Exit mobile version