Melalui Forum Terbuka, 11 Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029 Paparkan Kertas Kerja

FORUM TERBUKA— Suasana penyelenggaraan Forum Terbuka Penyampaian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029, Senin (22/4) di Auditorium UNP.

PADANG, METRO–Sebanyak 11 Bakal Ca­lon Rektor Universitas Ne­geri Padang (UNP) mengi­kuti Forum Terbuka Pe­nyampaian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029, Senin (22/4) di Auditorium UNP.

Bakal Calon Rektor UNP yang menyam­pai­kan kertas kerjanya pada forum terbuka tersebut yakni, Prof. Aldri Frinaldi, S.H., M.Hum., Ph.D. (Dosen Fakultas Ilmu Sosial), Prof. Dr. Ardipal, M.Pd. (Dosen Fakultas Bahasa dan Seni), Dr. Hasrul, M.Si. (Dosen Fakultas Ilmu So­sial), Prof. Dr. Indang De­wata, M.Si. (Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pe­ngetahuan Alam).

Juga ada Dr. Ir. Krisma­dinata, M.Si. (Dosen Fakul­tas Teknik), Dr. Ir. Mulya Gusman, S.T., M.T. (Dosen Fakultas Teknik), Dr. Ref­naldi, S.Pd., M.Litt. (Dosen Fakultas Bahasa dan Seni), Dr. Yaswinda, S.Pd., M.Pd. (Dosen Fakultas Ilmu Pen­didikan).

Selain itu, Prof. Yo­han­dri, M.Si., Ph.D. (Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Dr. Yulhendri, S.Pd., M.Si. (Dosen Fakultas Ekonomi) dan Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si. (Dosen Fakultas Mate­mati­ka dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Sebelum penyampaian kertas kerja, pada forum terbuka tersebut diawali dengan penyampaian in­for­masi tentang bio data masing-masing Bakal Ca­lon Rektor UNP. Termasuk juga moderator dan pa­nelis.

Kemudian masing-ma­sing Bakal Calon Rektor UNP dipersilahkan me­nyampaikan kertas ker­ja­nya di atas podium. Dalam penyampaian kertas ker­janya, masing-masing Ba­kal Calon Rektor UNP dibe­ri waktu 10 menit menyam­paikan seputar usulan ren­cana strategis, visi dan misi, tujuan strategis, imple­mentasi tahunan rencana strategis UNP selama lima tahun ke depan dan stra­tegi pencapaiannya.

Penyampaian kertas kerja disampaikan di hada­pan moderator, panelis dan juga Pimpinan UNP, Civitas Akademika UNP, mahasiswa, alumni, dan perwakilan masyarakat yan hadir hari itu.

Sebagai moderator pa­da forum terbuka tersebut adalah Prof. Dr. Yasri, M.S, Notulis 1: Sany Dwita, S.E., M.Si., Ph.D. Notulis 2: Dr. Tuti Rahmi, S.Psi., M.Si., Psikolog. Selain itu, juga ditetapkan Panelis Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode tahun 2024-2029, yakni, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D. (Dirjen Dikti Kemdikbud 20202024), Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi, DEA (Rektor ITB 2015-2020), Prof. Ganefri, Ph.D. (Rektor UNP Periode 2016-2020 dan 2020-2024) dan Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram (Rektor UNP Periode 2012-2016).

Ketua Pelaksana Forum Terbuka Penyam­paian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029, Prof. Dr. M.Zaim, M.Hum mengatakan,  Forum Terbuka Penyam­paian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029 merupakan salah satu dari rangkaian proses pe­milihan Rektor UNP.

Di mana, proses pe­milihan Rektor UNP sebe­lumnya telah dimulai de­ngan pembentukan Panitia Pemilihan Rektor UNP, pen­jaringan Bakal Calon Rektor UNP pada tanggal 22 Januari sampai 4 Maret 2024 lalu.

Kemudian dilanjutkan dengan tahapan awal Pe­nyaringan Bakal Calon Rek­tor UNP berupa Forum Ter­buka Penyampaian Ker­­tas Kerja Bakal Calon Rektor UNP Periode 2024-2029. Ba­kal Calon Rektor UNP yang menyampaikan kertas ker­janya pada forum terbuka ini telah terjaring ber­dasar­kan tata cara penjaringan. Pada tahap penjaringan, telah terjaring 12 Bakal Calon Rektor UNP. Setelah melalui proses ve­ri­fikasi persyaratan ad­ministrasi diperoleh 11 Bakal Calon Rektor meme­nuhi syarat.

Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon Rektor ini di­selenggarakan oleh Senat Akademik Universitas (SAU) pada Forum Terbuka sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Majelis Wali Amanah (MWA). Ke­mudian MWA mengun­dang Pimpinan dan Anggota MWA, Pimpinan dan Ang­gota Senat Akademik, Pim­pinan UNP beserta Pimpi­nan Unit Kerja, Pimpinan dan Anggota Senat Aka­demik Fakultas, Tenaga Pendidik/Dosen, Tenaga Kependidikan, Perwakilan Mahasiswa (BEM, BPM, HIMA Jurusan), Perwakilan Alumni (DPP Iluni, dan Iluni Fakultas), perwakilan ma­syarakat (LKAAM, MUI, ICMI, Kadin, Pimpinan Da­erah, dan Mitra UNP).

SAU telah mengeluar­kan Peraturan Senat Aka­demik UNP Nomor 1 tahun 2024 tentang Tata Cara dan Tata Tertib Penyeleng­ga­raan Forum Terbuka Pe­nya­jian kertas Kerja Bakal Calon Rektor UNP. Kepu­tusan Senat Akademik UNP, terkait dengan pene­tapan panitia penyeleng­gara, penetapan moderator dan notulis, serta pe­netapan panelis.

Pada forum terbuka ini tidak hanya panelis saja yang diberi kesempatan un­tuk mengajukan perta­nya­an. Tetapi jjuga diberi ke­sempatan kepada per­wa­kilan masyarakat (LKAAM, MUI, ICMI, Kadin, Pimpinan Daerah, dan Mitra UNP) untuk mengajukan perta­nyaan terhadap Bakal Ca­lon Rektor UNP. “Jadi 11 Bakal Calon Rektor dalam penyampaian kertas ker­janya harus bisa mema­jukan UNP untuk mewujud­kan visi, misi dan tujuan UNP, serta menjadikan UNP sebagai World Class University, Universitas Kelas Dunia,” tutupnya.

Ketua Panitia Pe­mili­han Rektor UNP, Prof. Dr. Alne­dral, M.Pd menam­bahkan, setelah mengikuti forum Terbuka Penyam­paian Ker­tas Kerja Bakal Calon Rek­tor UNP Periode 2024-2029, 11 Bakal Calon Rektor UNP yang ada akan disa­ring menjadi tiga Bakal Calon Rektor UNP untuk mema­parkan visi dan misi di de­pan Anggota MWA UNP yang berjumlah 17 orang.

“Jadi, setelah mengikuti forum terbuka ini, akan ada penyaringan Bakal Calon Rektor menjadi tiga orang. Tiga orang ini nantinya akan memaparkan visi mi­si, sehingga memunculkan satu orang Calon Rektor pada 6 Mei 2025. Pelantikan Rektor UNP Periode 2024 – 2029 akan dilantik pada 5 Juni 2024 yang akan da­tang,” tutupnya. (adv/fan)

Exit mobile version