Brigjen Pol Riki Yanuarfi Resmi jadi Kepala BBNP Sumbar

DILANTIK— Brigjen Pol Riki Yanuarfi didampingi istri usai dilantik sebagai Kepala BNN Provinsi Sumbar oleh Kepala BNN RI, di R M Hatta, Gedung Tan Satrisna BNN, Cawang, Jakarta Timur (Jaktim) pada Selasa (2/4).

JAKARTA, METRO–Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Marthinus Hukom, resmi melantik Brigjen Pol Riki Yanuarfi sebagai Kepala BNN Provinsi Sumbar, di R M Hatta, Gedung Tan Satrisna BNN, Cawang, Jakarta Timur (Jaktim) pada Selasa (2/4).

Selain Brigjen Pol Riki Yanuarfi yang menggantikan Brigjen Pol Tri Julianto Djatiutomo, yang pindah tugas sebagai Kepala BNN Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, dan fungsional juga dilantik Kepala BNN RI.

“Kita dihadapkan dengan tugas dan tanggung jawab untuk menyelamatkan generasi muda, anak-anak bangsa dari bahaya pengaruh narkotika. Yakinilah jika kita tidak melaksanakan itu dengan serius maka konsekuensi itu akan datang pada kita sendiri, negara, generasi bangsa, bahkan anak-anak Kita sendiri,” tambah Komjen Marthinus,” kata Komjen Pol Marthinus Hukom, saat pelantikan.

Diketahui, setelah pelantikan itu, Brigjen Pol Riki Yanuarfi yang menyandang status sebagai Perwira tinggi (Pati) kelarihan Kurai, Bukittinggi, 1 Januari 1972 itu, resmi mengemban tugas baru di tanah kelahirannya, setelah satu tahun satu bulan mengabdi di BNNP Nusa Tenggara Timur.

Brigjen Pol Ricky merupakan alumni dari UIN Imam Bonjol dan Pesantren Thawalib Padangpanjang. Sesuai menempuh pendidikan akademik, Riki menjadi mengabdikan dirinya menjadi anggota Polri melalui jalur Sekolah Perwira Polri tahun 1997. Ia berpengalaman di bidang Reserse.

Selama bertugas di BNN RI, Riki Yanuarfi pernah menjadi Koorspri Kepala BNN RI era Komjenpol Gories Mere, Kepala BNNK Payakumbuh, Kepala BNNK Jakarta Selatan, dan Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat di Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Namun, Riki Yanuarfi kembali ke Polri untuk mengabdi di Polda Banten sebagai Direktur Binmas Polda Banten pada tahun 2020. Tak berselang lama, Riki kembali dipanggil BNN RI untuk memimpin Bagian Publikasi dan Media Sosial Biro Humas dan Protokol pada  2022.

Pada tahun yang sama, Riki mendapat promosi dan menjadi Kepala BNNP Nu­sa Tenggara Timur (NTT) hingga Riki mendapatkan pangkat bintang satu alias Brigjen Pol. Selanjutanya, pada April 2024, Ricki dimanahkan menjadi Kepala BNNP Sumbar. (rgr)

Exit mobile version