Irwasda Polda Sumbar Arif Rahman Hakim Naik Pangkat jadi Brigjen

NAIK PANGKAT— Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memasangkan pangkat bintang satu ke Irwasda Arif Rahman Hakim.

PADANG, METRO–Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim mendapatkan kenaikan pangkat pengabdian menjadi Brigjen alias bintang satu. Kenaikan pang­kat orang nomor tiga di Polda Sumbar dari Perwira Menengah (Pamen) ke Per­wira Tinggi (Pati)  ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono di Mapolda Sumbar, Senin (4/3).

Diketahui, Arif Rahman Hakim mendapatkan kenaikan pangkat pengabdian dari Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) menjadi Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol), sesuai dengan Surat Telegram Kapolri, Nomor: STR/473/II/KEP./2024 tanggal 22 Februari 2024.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan, kenaikan pangkat menjadi Brigjen Pol tersebut merupakan hasil pres­tasi, rekam jejak dan pengabdian tiada henti secara terus menerus.

“Hari ini kenaikan pangkat pengabdian untuk Irwasda dari Kombes Pol menjadi Brigjen Pol Arif Rahman Hakim,” kata Ka­polda Sumbar Irjen Pol Suharyono setelah apel ke­naikan pangkat.

Suharyono mengata­kan, kenaikan pangkat pe­ngabdian ini tidak sembarang orang bisa mendapatkan dan melalui proses yang panjang. Mulai dari perjalanan karir, prestasi dan ada rekam jejak di dalamnya.

“Beliau (Brigjen Pol Arif Rahman Hakim) sudah me­ngabdi lebih dari 35 tahun. Ini semua adalah sebagai bagian rahmat Allah SWT, perjuangan yang tidak sia sia, karena hasil itu tidak pernah mengkhianati proses, demikian juga proses tidak mengkhianati hasil,” ujar Suharyono.

Suharyono mengakui, kenaikan pangkat pengabdian berdasarkan keputusan Presiden, Kapolri dan Kapolda. Secara hirarkis dilaksanakan penyematan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Brigjen Pol.

“Pangkat jenderal itu tidak mudah pastinya, ka­rena jumlahnya pun terbatas dari jumlah polisi 460ribu itu, jumlah jenderalnya bisa dihitung dengan jari. Maksudnya sedikit terbatas, walaupun ini sifatnya regenerasi,” katanya.

Kenaikan pangkat pe­ngabdian ini bisa menjadi bagian motivasi bagi junior tidak hanya alumni Akpol, tapi semua dari anggota polri, kepangkatan apapun kalau ingin mendapatkan pangkat yang luarbiasa karena pengabdian di akhir dari perjuangan kedinasannya itu setidak tidaknya harus mulai saat ini, waktu sebelumnya berproses.

“Kami mengucapkan selama kepada pak Arif tetap tawaduk tetap berpegang teguh kedisiplinan termasuk Satya Prabu yang ada di dalamnya. Karena sampai saat ini beliau masih menjabat sebagai Irwasda walaupun berpangkat bintang satu,” ujarnya.

Sementara, Brigjen Pol Arif Rahman Hakim, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Polri, Presiden dan kapolda, serta seluruh rekan rekan semua yang telah memberikan kepercayaan kepadanya yang memberikan kenaikan pangkat setingkat dari Kombes Pol menjadi Pati polri bintang satu atau Brigjen Pol.

“Saya hanya mengucapkan terima kasih segala perhatian pimpinan. Itu saja, saya bersyukur pada nikmat ini tolong doakan kita selalu sehat,” tutupnya. (rgr)

Exit mobile version