Hari ini, Prabowo Dapat Kenaikan Pangkat Jenderal Bintang Empat

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan

JAKARTA, METRO–Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan pangkat jenderal kehorma­tan untuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Rabu (28/2).

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pemberian pangkat itu akan dilakukan saat Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap.

“Pak Prabowo diputuskan diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh dan insyaallah besok Pak Prabowo akan menerima tanda kehor­matan kenaikan pangkat is­timewa di Mabes TNI,” kata Dahnil melalui video yang dibagikan, Selasa (27/2).

Dahnil menjelaskan pangkat jenderal Prabowo adalah bentuk kenaikan pangkat secara istimewa. Hal itu diatur Undang-Un­dang Nomor 20 Tahun 2009. Menurutnya, kenaikan pang­kat serupa oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AM Hendropriyono, dan beberapa tokoh militer lain.

“Pemberian pangkat jenderal penuh kepada Prabowo didasarkan atas dedikasi dan kontribusinya selama ini di dunia militer dan pertahanan. Oleh se­bab itu, Pak Prabowo dipu­tuskan diusulkan oleh Ma­bes TNI kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh,” sebut politisi partai Gerindra itu.

Sementara, Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gu­melar mengatakan akan ada kenaikan pangkat isti­mewa yang diterima Men­han Prabowo Subianto. Ia menyebut kenaikan pang­kat akan dilakukan di Ra­pim TNI-Polri.

“Iya betul, ada acara kenaikan pangkat kehor­matan kepada Menteri Per­ta­hanan. Betul (dibe­rikan Presiden Joko Wido­do),” ujar Nugaraha.

Prabowo adalah lulu­san Akademi Militer tahun 1974. Ia menjabat sejumlah po­sisi tinggi di TNI, ter­masuk Komandan Jende­ral Kopas­sus. Pangkat ter­akhir Pra­bowo di militer adalah Let­nan Jenderal. (jpg)

Exit mobile version