Waspada! Tuah Etihad mulai Mengikis

Manchester City akan menjamu Crystal Palace di Etihad Stadium pada pekan ke-17 Premier League 2023/2024. Pertandingan Man City vs Palace ini akan kick-off Sabtu (16/12/23) pukul 22.00 WIB.

Manchester City me­ngalami periode yang agak sulit dalam kompetisi Liga Inggris 2023/2024 ini, de­ngan posisi mereka hanya berada di peringkat keem­pat dalam klasemen.

Man City telah melalui fase grup Liga Champions dengan sempurna. Seka­rang, mereka perlu mem­perbaiki konsistensi di liga.

Namun, ini yang harus diwaspadai, ada kecen­derungan tuah Etihad mu­lai mengikis.

Pekan belakangan Citizen mendapat pukulan be­rat dengan rentetan tanpa kemenangan.

Tiga hasil imbang be­run­tun melawan Chelsea, Liverpool dan Tottenham, serta kekalahan 1-0 dari Aston Villa menjadi mimpi buruk Pelatih Pep Guar­diola.

Kekalahan 1-0 dari As­ton Villa (7/12) lalu menyi­sakan cerita pedih bagi Guardiola. Pertama kali­nya, pelatih asal Spanyol ini menyaksikan timnya dibe­rondong tembakan terba­nyak (22 kali) dalam satu laga Liga Primer.

The Citizens yakni se­bu­tan untuk Manchester City memiliki jarak 2 poin dari Aston Villa yang bera­da di peringkat ketiga, 3 poin dari Arsenal di posisi kedua, dan 4 angka dari Liverpool yang memuncaki kl­a­semen.

Tentu saja, keme­nangan menjadi target utama bagi tim yang dilatih oleh Pep Guar­diola ketika mereka menjamu Crystal Palace dalam pertan­di­ngan pekan ke-17 Premier League 2023/2024 nanti.

Namun, Manchester City menghadapi tanta­ngan karena absennya Ke­vin De Bruyne yang se­dang cedera dan kepergian Ilkay Gundogan.

Di sisi lain, pemain yang didatangkan oleh Man­ches­ter City seperti Mateo Ko­vacic dan Matheus Nu­nes belum memberikan kontribusi yang memuas­kan untuk memperkuat lini tengah The Citizens.

Apalagi, jika Man City kehilangan Rodri, hal ini akan semakin mempersulit tim, yang pada akhirnya menyebabkan kekalahan 1-0 melawan Aston Villa.

Meskipun Rodri sudah dapat kembali bermain, Man City masih harus ber­main tanpa Erling Haaland, yang belum sepenuhnya pulih untuk bermain.

Julian Alvarez tampak­nya bakal diplot jadi peng­ganti Haaland sebagai target man, kendati penye­rang muda, Oscar Bobb, dan Micah Hamilton tampil impresif dengan mencetak gol dalam kemenangan City 2-3 atas Red Star Bel­gra­de di Liga Champions lalu.

Manchester City perlu menjaga kewaspadaan pe­nuh saat menghadapi Crys­tal Palace, yang bisa menjadi rintangan berat bagi tim yang ditangani Pep Guardiola.

Meskipun begitu, peluang kemenangan bagi Manchester City pada pertandingan Man­chester City vs Crystal Palace masih terbuka luas mengi­ngat Crystal Palace juga mengalami ba­nyak pemain yang ab­sen akibat cedera.

Sementara itu, Crys­tal Palace, semen­tara itu, grafiknya terlihat mulai ke bawah dan bukan ke atas setelah gagal menang dalam lima laga terakhir di Liga Primer.

Saat ini mereka masih di peringkat 15 klasemen sementara dengan 16 poin, terpaut tujuh poin dari Luton Town di peringkat 18 di zona degradasi.

Dari lima laga tersebut, skuat asuhan Roy Hodgson ini didera empat kali kalah, dan sekali seri 1-1 kontra West Ham. Dua laga ter­akhir, The Eagles menelan kekalahan masing-masing dari Bournemouth 0-2, dan 1-2 dari Liverpool.

Palace masih tanpa beberapa pemain untuk kunjungan ke markas sang juara ini dengan Cheick Doucoure dan Eberechi Eze bergabung dengan Dean Henderson dan Jesu­run Rak-Sakyi di ruang terapi. Selain itu, pemain andalan Jordan Ayew ab­sen setelah mendapat kar­tu merah di laga terakhir.

Dalam situasi tak kon­dusif seperti demikian, bertandang ke Stadion Etihad adalah sebuah kesa­lahan besar.

Musim lalu, Palace diban­tai 4-2 di Etihad, dengan Haaland mencetak hattrick. Sang bomber juga mencetak gol semata-wayang dalam kemenangan City 0-1 atas Palace di Selhurst Park, London periode Maret lalu. Kini, menjadi tugas Alvarez dan Foden untuk menggantikan keganasan sang bomber malam nanti. (*/rom)

Prakiraan Pemain

Manchester City (4-3-3):
Ederson; Gvardiol, Stones, Dias, Walker; Kovacic, Rodri, Silva; Grealish, Alvarez, Foden.
Pelatih: Josep Guardiola.

Crystal Palace (4-2-3-1):
Matthews; Clyne, Guehi, Andersen, Ward; Hughes, Richards; Ebiowei, Schlupp, Olise; Mateta.
Pelatih: Roy Hodgson.

Exit mobile version