Ular Piton Raksasa 5,5 Meter dengan Bobot 130 kg Dievakuasi Damkar Kota Solok

ULAR— Tim Damkar Kota Solok mengevakuasi ular piton raksasa dari permukiman warga di Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah.

SOLOK, METRO–Ular piton raksasa sepanjang 5,5 meter dievakuasi petugas Damkar Kota Solok dari rumah warga di  Banda Panduang, Kelura­han Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah. Sebelumnya ular dengan berat sekitar 130 Kg itu sempat diamankan dan dipelihara oleh warga se­tempat.

Fathur (21) warga Banda Panduang, Kota Solok yang menangkap ular ter­sebut mengatakan, ular awalnya terlihat di kebun dekat pemukiman warga. Kebera­daan ular itu sempat menimbulkan kekhawatiran warga sekitar karena sempat masuk halaman rumah warga.

Khawatir membahayakan dan memangsa ternak warga, ular yang terlihat memangsa Babi itu langsung ditangkap oleh warga. Ukuran ular yang cukup besar itu membuat warga kewalahan saat hendak menangkapnya.

“Saat dilakukan penangkapan dan dievakuasi ular sempat melawan namun akhirnya bisa dieva­kuasi dengan selamat,” ujar Fathur.

Kasi Evakuasi Damkar Kota Solok, Baswandi mengatakan, meski sempat di­amankan sementara, war­ga akhirnya menghu­bungi petugas Damkar Kota Solok. Menurutnya, pihaknya mendapat laporan pada pukul 11.00 WIB.

“Kami turun delapan orang untuk ke lokasi. Pakai karung tidak muat. Dan kami minta tolong kepada Fathur untuk membantu mengevakuasinya dari sa­na,” sebutnya.

Baswandi menuturkan, ular tersebut akan diserahkan kepada BKSDA untuk penanganan lebih lanjut.  “Kami masih menunggu pihak BKSDA, kami hanya berwenang untuk sampai evakuasi,” sebutnya. (vko)

Exit mobile version