28 Toko di Pasar Palembayan Terbakar

AGAM, METRO – Kebakaran hebat kembali melanda Kabupaten Agam. Kali ini si jago merah meluluhlantakkan Pasar Palembayan yang terletak di Jorong Pasa Palembayan, Nagari IV Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Agam, Minggu (18/2) sekitar pukul 04.05 WIB. Akibatnya 28 unit kios yang berada di pasar tersebut rata dengan tanah.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Agam Dandi Pribadi menyebut, 28 unit kios berada di Blok A. Dari jumlah itu, 4 unit kosong, sementara 24 lainnya berisi. Akibat kebakaran itu, pedagang diprediksi mengalami kerugian Rp1.316.000.000. ”Kami belum bisa menjelaskan dengan rinci penyebab kebakaran,” katanya.
Menurutnya, saat kebakaran, memasuki waktu Subuh. Sebahagian masyarakat sekitar masih tertidur nyenyak. Menurut keterangan dari warga sekitar api sudah membesar saja kelihatan oleh masyarakat dan membakar kios-kios yang ada di Blok A. Melihat kejadian itu warga berusaha mengevakuasi barang-barang dagangan dan sebagian lagi mencoba memadamkan api.
”Kejadian kebakaran ini kami ketahui setelah adanya informasi dari masyarakat sekitar bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Palembayan. Pihak Satpol PP dan Damkar bersama BPBD Kabupaten Agam, Dinsos, Kesbang Pol, TNI, Polri, PMI, pemerintah Kecamatan turun membantu warga di lokasi,” katanya.
Damkar menerjunkan 4 Armada untuk memadamkan api yang membakar pasar. ”Hingga pagi ini api sudah bisa kita padamkan dan saat sekarang ini dilakukan pendinginan agar tidak kembali terbakar,” ujarnya.
Menurutnya, peristiwa kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Untuk saat sekarang ini pihak kepolisian dari Polres Agam sedang melakukan penyelidikan penyebab kebaran ini,” katanya. (p)

Exit mobile version