Hari ini, HUT ke-16 POSMETRO PADANG. Maju Bersama Sumbar

PADANG, METRO – Alhamdulillah. Tepat hari ini, Rabu (12/4), koran POSMETRO PADANG sudah genap berumur 16 tahun. Sungguh usia yang dapat dikatakan matang untuk sebuah media cetak. Tak heran, koran ini kian merakyat dan diterima masyarakat banyak. Bahkan menjadi referensi dalam informasi bagi masyarakat Sumbar.
POSMETRO yang tergabung dalam Padang Ekspres Group (PEG) ini, memang lebih dikenal sebagai korannya rakyat badarai. Namun, hal itu pulalah yang membuatnya makin dekat dengan birokrasi atau pejabat daerah hingga pusat. Karena, koran ini diyakini mampu menjadi penyambung lidah antara rakyat dan pemerintah.
Chief Operating Officer (COO) Padang Ekspres Group, H Marah Suryanto menyebutkan, sejak diterbitkan 12 April 2001, POSMETRO telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Kota Padang dan Sumbar umumnya. Karena, koran ini begitu menyentuh terhadap kepentingan semua kalangan—dari kalangan bawah, hingga atas.
”Banyak harapan yang ditumpangkan kepada koran metro ini. Terutama rakyat badarai yang berharap, POSMETRO mampu menjadi corong untuk memperjuangkan nasib mereka. Saya kira, hal ini sudah berlangsung dan berlaku cukup lama. Hal inilah yang membuat POSMETRO eksis sampai 16 tahun,” sebut Marah Suryanto yang tengah menjalankan ibadah umrah ke Mekkah.
Marah Suryanto berharap, kekompakan tim, baik redaksi, pemasaran koran dan iklan harus dijaga, agar koran ini tetap berjalan di relnya, dan semakin besar. Dengan berbagai tantangan – termasuk persoalan ekonomi saat ini, semua SDM harus menunjukkan kinerja dan kreativitas. Jangan sampai, koran ini kalah oleh persaingan yang kian berat.
”Saya yakin, di tangan tim saat ini, POSMETRO tidak hanya akan eksis, tapi juga semakin besar. Apalagi, motto yang diambil pada ulang tahun kali ini adalah ‘Maju Bersama Sumbar.’ Artinya, koran ini mampu memberikan hope (harapan) untuk membantu pembangunan Sumbar,” sebut Marah Suryanto.
Sementara itu, General Manager POSMETRO PADANG, Syukron Putra menyebutkan, eksistensi koran ini selama ini adalah karena kekompakan dari semua elemen, terutama karyawan. Karena, karyawan adalah elemen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mengeksekusi strategi perusahaan.
”Perbaikan kesejahteraan karyawan dilakukan bertahap sesuai dengan perkembangan perusahaan. Manajemen terus meningkatkan kepedulian karyawan pada  tujuan perusahaan. Selain itu, juga terus melakukan perluasan sumber pendapatan perusahaan melalui iklan yang tidak hanya bersifat sosial/pariwara. Tetapi juga untuk iklan produk,” sebut Syukron.
Dia menyebut, POSMETRO juga terus melakukan perluasan pasar iklan dengan memaksimalkan halaman khusus tentang kemana pembaca atau warga belanja dengan tema “Belanja Akhir Pekan.” Halaman yang diharapkan dapat memperkaya pilihan pembaca tentang tempat belanja yang menyediakan diskon, promo tanpa memungut biaya pada penyedia barang dan jasa yang ditampilkan.
”Harapan ke depan, seiring dengan meningkatnya jumlah pembaca POSMETRO, seperti survei Roy Morgan beberapa waktu lalu mencapai 43.370 orang setiap hari, maka oplah akan bertambah secara linear. Tentunya diharapkan akan lebih menguntungkan dan menarik minat pemasang iklan terutama iklan nasional,” sebutnya.
Syukron menyebutkan, dengan segala upaya, akan dilakukan perbaikan dan peningkatan mutu. Seperti peningkatan kualitas SDM redaksi, pemasaran koran, dan iklan. Khusus redaksi, POSMETRO terus melakukan peningkatan dengan memberikan pelatihan ilmu jurnalistik, atau mengikutsertakan wartawan dalam uji kompetensi wartawan (UKW) dan kegiatan lainnya.
”Kami beharap, POSMETRO terus menjadi koran metro terbesar, dan mampu menampilkan berita peristiwa, hukum, dan kriminal yang baik. Juga menjadi salah satu penjaring aspirasi masyarakat untuk membantu perubahan ke arah yang lebih baik. Karena itulah kami mengambil tema HUT kali ini Maju Bersama Sumbar,” kata Syukron. (*)

Exit mobile version