Toyota Yaris Terjun ke Banda Bakali

Kasat Lantas: Kalau ada Korban, Kami Tahan
PADANG, METRO – Akibat kelalaian pengemudi yang parkir tidak memasang rem tangan, satu unit mobil Toyota Yaris BA 888 NL yang sedang parkir tiba-tiba berjalan mundur dan terjun ke banda bakali (banjir kanal). Terjadi di Jalan Rajawali, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur, Minggu (5/2) sekitar pukul 13.40 WIB.
Beruntung tidak menimbulkan korban jiwa. Karena pengemudi yang diketahui bernama Neli tidak berada di dalam mobil. Kejadian membuat warga sekitar yang mengetahui kejadian itu gempar. Bahkan warga yang melintas di lokasi itu menyempatkan untuk memoto mobil nahas.
Setelah mobil di banda bakali, terlihat dua laki-laki membuka bagian depan mobil dan pelat nomor kendaraan yang sudah dicopot. Sementara, Unit Laka Lantas Polresta Padang yang mendapat informasi, mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP. Mobil diderek untuk mengevakusai mobil dari banda bakali.
Pengemudi mobil, Neli, saat ditemui awak media enggan berkomentar. “Saya tidak terima wartawan,” ungkap Neli dengan nada tinggi menolak untuk diwawancara. Terlihat di lokasi, pengemudi mobil itu panik dan mondar-mondar tak tentu arah dan sesekali menggunakan hanpdhone.
Warga sekitar Nanda (16) mengatakan, saat itu mobil berhenti di depan kos miliknya yang bernama Rajawali Kos. Setelah diparkir, pengemudinya langsung masuk ke dalam kos dan meninggalkan mobilnya dalam keadaan terparkir. “Saat itulah, tiba-tiba saja mobil yang terparkir itu berjalan mundur dan langsung terjun ke bandar bekali,” kata Nanda.
Nanda menambahkan, pengemudi itu mengetahui mobilnya terjun bebas setelah mendengar suara gaduh dari luar. Saat itu pengemudinya langsung keluar dari dalam kos dalam keadaan panik.
“Biasanya kalau naik mobil pengemudi itu selalu membawa anaknya. Anaknya jika sudah di mobil tidak mau turun. Untung saat kejadian tidak bawa anak dan lega ketika mengetahui tidak ada yang menjadi korban. Warga juga berhamburan keluar rumah untuk menyaksikan kejadian itu,” ungkap Nanda.
Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kasat Lantas Kompol Hamidi, mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan tunggal ini terjadi akibat kelalaian pengemudi atau karena hilang kendali (out of control) akibat lupa masang rem tangan saat memarkirkan kendaraannya sehinga mobil tersbeut bergerak dengan sendirinya.
“Untung saja tidak ada korban jiwa, tapi kalau ada korban jiwa pengemudi bisa ditahan karena kelalaian,” kata Hamidi.
Kompol Hamidi mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dalam berkendara dan juga memarkir kendaraan sehingga tidak terjadi kecelakaan. Yang penting telitilah ketika parkir, rem tangan harus dipasang dan pastikan pintu mobil dalam keadaan terkunci.
“Parkirlah kendaraan dengan aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Saat berkendara patuhilah aturan lalu lintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan,” pungkas Hamidi. (rg)

Exit mobile version