Menu

Berita Hoaks Mulai Melambung, Waspadai Pihak Asing Kuasai TKBM

  Dibaca : 193 kali
Berita Hoaks Mulai Melambung, Waspadai Pihak Asing Kuasai TKBM
MOTIVASI— Ketua Koperbam Telukbayur Chandra saat memberikan motivasi pada KRK yang ikut rapat untuk tetap kompak.

PADANG, METRO
Banyaknya pihak-pihak lain yang mencoba masuk di pelabuhan Telukbayur untuk merongrong Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) dengan cara tak terpuji dengan melakukan penyebaran berita bohong alias berita hoaks perlu dipelototi serius oleh pengurus Koperbam Telukbayur dan anggotanya. Jika tidak tepis dengan bijaksana berita bohong yang mulai melambung, maka akan dapat memceh belah.

Maksud dan tujuan penyebaran isu itu tak lain tak bukan adalah untuk berupaya mendirikan organsasi lain. Padahal pada 2019 lalu, melalui rapat rapat akbar TKBM se Indonesia yang digelar di Batam sejak Kamis (19/2) hingga Sabtu (21/9) lalu, Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubangan menegakasn bahwa TKBNM masih dibawa kendali Koperasi.

Tak hanya itu, pihak Kementerian UKM Konsisten Pertahankan Eksistensi Koperasi TKBM Pelabuhan. Beranjak dari itulah, keberadaan TKBM Koperbam Telukbayur sebagai motor penggerak perekonomian di Sumbar, merapatkan barisan.

“Jangan pernah terhasut dari orang yang tak bertanggungjawab untuk merorong rorong Koperbam. Kita harus bersatu dan kompak untuk menciptakan kinerja yang harmonis dengan tidak meninggalkan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Ketua Koperbam Telukbayur Chandra, didampingi Sekretaris Nursal Uce, M, SH, Bendahara Usman Z dan Ketua BP Paiman, Samuri dan Pak Wai anggota BP saat rapat persiapan pemberian sembako dan THR, Rabu (28/4).

Dikatakan Chandra yang dipercaya oleh Induk Koperasi (Inkop) sebagai Wakil Ketua Inkop ini mengatakan, adanya pihak pihak lain yang akan masuk dan menguasai nantinya, tentu kita lawan dengan kinerja yang bagus. Sebagai pelayanan jasa, kita harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pemilik barang.

Tunjukan kinerja yang mampu memberikan kesejahteraan bersama. Apalagi dalam era persaingan dan segelintir orang yang saat ini mencoba merorong keberadaan TKBM Koperbam Telukbayur. Dengan KM-35 SKB 2 Dirjen 1 Deputi, jelas legalitasi TKBM Koperbam adalah satu satunya koperasi yang sah dalam wilayah Pelabuhan Telukbayur. KM-35 SKB 2 Dirjen, 1 Deputi inilah rohnya TKBM Koperbam Telukbayur yang miliki legalitas yang sah diakui pemerintah.

Pengelolaan TKBM di Pelabuhan selama puluhan tahun tetap dilaksanakan oleh Koperasi TKBM. Pelaku TKBM merupakan pelaku ekonomi yang dibentuk pemerintah. Selama menjadi koperasi TKBM sejak 1989 lalu, Koperbam turut membantu pemerintah dalam melancarkan kegiatan bongkar muat barang dari ke Pelabuhan demi meningkatkan kesejahteraan anggota. “Tentu inilah tujuannyua akhirnya,” tegas Chandra.

Namun demikian, pada masa pandemi Covid-19 dan Ramadhan 1442 H ini, volume aktivitas bongkar muat menurun, begitu juga dengan pemasukan, Jelas hal ini agak berpengaruh terhadap pendapatan kita. Bayangkan aktivitas kita saat ini menurun 10 hingga 15 persen, namun kita tak patah arang. Kesejahteraan anggota tetap saja bisa kita atasi bersama. Lihat saja, dalam waktu dekat ini pengurus segera membayarkan THR dan membagikan sembako.

Begitu juga saaqt RAT tahun bukuk 2020 kemarin, meski SHU minim, namun angggota cukup berlega juga karena bisa diatasi pendapatan SHU nya. “Alhamdullilah pengurus pusat sangat perhatian terhadap Koperbam Telukbayur,” aku Chandra.

Adanya perhatian pihak pusat kepada Koperbam Telukbayur, lanjut Chandra, yang juga menjabat sebagai Koordinator SDM Wilayah Sumatera ini, sebagai bentuk keyakinan pusat kepada Koperbam Telukbayur yang begitu besar. Legalitas kita jelas diakui oleh pusat. Jadi untuk itu saya minta kepada anggota untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

”Tingkatkan SDM, skil kinerja dan disiplin kerja yang utama,” sebut Chandra.

Untuk para Kepala Regu Kerja (KRK) saya ingatkan sekali lagi untuk selalu mengwasi anggota dalam pekerjaan. KRK yang berjumlah 62 orang itu jangan coba coba membawa anggota yang tidak memiliki PAS pelabuhan untuk bekerja. ”Jika terbukti saya akan memberikan tindakan tegas kepada KRK dan anggota. Bahkan anggota terancam duikeluarkan dari organisasi,” tegas Chandra.

Jagalah tatanan organisasi sesuai peraturan yang berlaku. Tunjukan kinerja yang mampu memberikan kesejahteraan bersama. Apalagi dalam era persaingan dan segelintir orang yang saat ini mencoba merorong keberadaan TKBM Koperbam Telukbayur. “Sesuai dengan KM-35 SKB 2 Dirjen 1 Deputi, jelas legalitasi TKBM Koperbam adalah satu satunya koperasi yang sah dalam wilayah Pelabuhan Telukbayur. KM-35 SKB 2 Dirjen, 1 Deputi inilah rohnya TKBM Koperbam Telukbayur yang miliki legalitas yang syah diakui pemerintah.

“Jika ada anggota yang bermasalah, segera laporkan kepada pengurus. Kita tak butuh anggota seperti itu. Sudahlah tak bertanggungjawab, ia juga merongrong keberadaan organisasi,” beber Chandra. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional