Menu

Berinovasi dalam Pencegahan Covid-19, Tiga Lurah dan 2 Bhabinkamtibmas Kota Payakumbuh Diundang Polda

  Dibaca : 45 kali
Berinovasi dalam Pencegahan Covid-19, Tiga Lurah dan 2 Bhabinkamtibmas Kota Payakumbuh Diundang Polda

POLIKO, METRO–Tiga orang Lurah dan dua orang Bhabinkamtibmas dari Kota Payakumbuh yang di­ang­gap berinovasi dalam pencegahan Covid-19 ditun­juk untuk mengikuti kegiatan capacity building penanganan Covid-19 yang dise­leng­ga­rakan Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat selama dua hari, Selasa-Rabu (8-9/6) di Kota Padang.

Mereka adalah Lurah Har­dison dan Bhabinkantibmas Bripka Robby Yaswali dari Kelurahan Tiakar, Lurah Al­lan Permana dan Bhabin­kantib­mas Brigadir Rico Gusriadi Putra dari Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, serta Lurah Padang Tiakar Ilyas.

Menurut informasi dari Kasat binmas Polres Paya­kumbuh AKP Amirwan saat dihubungi media, Senin (7/6), menyampaikan program capacity building dari Polda Sumbar ini nantinya diha­rapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan ke­pada Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang bekerja di tingkat kelurahan agar dapat memahami penye­lenggaraan bagaimana me­nekan angka penyebaran Covid-19.

“Salah satu fungsi Bhabin­kamtibmas adalah memo­nitoring dan mendampingi lurah untuk menurunkan ang­ka kasus pandemi. Kita tentu sangat berharap Bhabin­kam­tib­mas dan lurah menda­patkan bekal penguatan. Pol­res menitipkan amanah dima­na yang dikirim ke Padang ini dianggap mampu dan nan­tinya mereka menjadi pilot yang akan membagikan ilmu yang mereka dapatkan ke­pada lurah dan bhabin­kam­tibmas lainnya se Kota Paya­kumbuh,” kata Amirwan.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi menyampaikan a­pre­siasi atas undangan dari Polda Sumbar ini. Menu­rutnya ini adalah kesempatan besar bagi lurah dan bhabin­kamtib­mas, dimana kehadiran me­reka di Kota Padang akan mendapat ilmu dan penga­laman, mereka menjadi pionir dalam menjalankan penanga­nan Covid-19.

“Apa yang mereka dapat­kan nantinya bisa diapli­kasi­kan di daerah. Yang be­rang­kat juga adalah lurah senior di daerah, akan mudah pula proses transformasi ilmu kepada lurah-lurah lain,” ungkapnya.

Irwan juga menyebut me­lihat kinerja lurah dan bha­binkamtibmas, secara profil untuk Kelurahan Padang Tia­kar menjadi salah satu yang dipilih mungkin karena Mar­kas Polres berada di kelu­rahan itu. Ada sinergisitas antara kepolisian dengan kelurahan yang dibangun.

“Kalau di Tiakar, lurahnya aktif melahirkan program edukasi kepada masyarakat. Waktu itu sebelum lebaran, Tiaka pernah hampir masuk ke zona merah, sekarang sudah dekat ke zona hijau. Lurah dan bhabinkamtibmas aktif keliling kampung dengan menjadi satu-satunya kelu­rahan di  Kecamatan Paya­kumbuh Timur yang mem­buat selebaran himbauan dan sosialisasi roadshow ke mu­sala dan mesjid di kelurahan,” ulasnya.

Di tempat terpisah, Ca­mat Latina David Bachri turut menyampaikan apresiasi ke­pada Polda Sumbar yang telah mengundang lurahnya ikut capacity building ini. Mereka akan bertemu aparatur lain­nya se Sumatera Barat, akan banyak ilmu yang bisa dise­rap karena mereka akan di­berikan pembekalan dan tam­b­ahan wawasan penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 di kecamatan kita setiap kelu­rahan hampir sama dengan kelurahan lainnya dan ber­jalan dengan seharusnya, Alhamdulillah Sungai Durian saat ini masih zona hijau. Semoga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan sece­pat­nya,” ungkap David. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional