Menu

Berbagi di Tengah Pandemi, PT DSL Serahkan 2 Ekor Sapi Kurban pada Pemda Dharmasraya dan Masyarakat

  Dibaca : 157 kali
Berbagi di Tengah Pandemi, PT DSL Serahkan 2 Ekor Sapi Kurban pada Pemda Dharmasraya dan Masyarakat
SERAHKAN SAPI KURBAN— KTU PT DSL, Wahyu Sinaga menyerahkan bantuan sapi kurban kepada Dinas Sosial Pemkab Dharmasraya dan masyarakat sekitar pabrik.

DHARMASRAYA, METRO–Momentum Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, kembali dimanfaatkan o­leh PT Dharmasraya Sawit Lestari (PT DSL) untuk me­lakukan aksi peduli sosial terhadap masyarakat dan Pemerintah Daerah kabupaten Dharmasraya.  Kali ini, PT DSL kembali menye­rahkan bantuan sapi kurban sebanyak 2 ekor sapi seharga Rp 30 juta kepada pemda Dharmasraya, kar­yawan dan masyarakat dilingkungan sekitar perusahaan. Kegiatan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan PT DSL setiap tahunnya de­ngan tema “DSL Peduli, DSL Berbagi”.

Manager PT Dharmasraya Sawit Lestari (DSL) Juanan didampingi KTU PT DSL, Wahyu Sinaga me­ngatakan penyaluran bantuan sapi kurban untuk masyarakat melalui pemerintah daerah merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada masya­rakat dalam menghadapi Idul Adha 1441 H sekaligus upaya meringankan beban masyarakat sekitar perusahaan ditengah kondisi pandemi wabah covid19.

“Alhamdulillah, tahun ini kembali kita salurkan sebanyak 2 ekor sapi kurban, satu kita minta pemda yang salurkan melalui Dinas sosial dan satu ekor lagi kita serahkan untuk masyarakat dan karyawan sekitar perusahaan,” kata Manager PT Dharmasraya Sawit Lestari (DSL) Juanan didampingi KTU PT DSL, Wahyu Sinaga Kamis (22/7) di Pulau Punjung.

Juanan menyebutkan penyerahan sapi kurban ini merupakan bagian dari program rutin CSR PT DSL setiap tahunnya. “Tahun ini perusahaan kembali berkomitmen menjalankan sya­riat kurban. Alhamdulillah hari ini telah kita serahkan sebanyak 2 ekor sapi senilai Rp 30 juta,” katanya

Wahyu Sinaga menambahkan di tengah pandemi ini, pihak perusahaan terus berkomitmen dan saling berbagi bersama masya­rakat, agar kita sama-sa­ma merasakan ataupun menikmati daging hewan kurban ini.  “Untuk peyembelihan hewan kurban dan pembagian dagingnya kepada masyarakat, kita ja­lankan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan menjaga jarak dan memakai mas­ker,”ungkapnya

Dodi menjelaskan me­lalui kegiatan ini pihak PT DSL berharap agar dapat mempererat jalinan silaturrahim antara manajemen PT DSL dengan pemda dan masyarakat sekitar perusahaan.  “PT DSL mengharapkan do’a dan duku­ngan dari masyarakat  a­gar PT DSL tetap jaya dan da­pat berperan lebih banyak dalam kegiatan ke­pedulian terhadap ma­syarakat ling­kungan,” ha­rapnya

Terkait kondisi pandemi saat ini, Juanan mewakili PT DSL berharap kepada ma­syarakat untuk terus menjalan protokol Covid-19 da­lam aktivitas sehari-hari a­gar tetap sehat dan terhindar dari penularan Covid-19. “Mari kita sama sama be­ru­saha untuk tetap jaga ja­rak, memakai masker dan men­cuci tangan,” pung­kasnya

Sementara itu, Peme­rintah Kabupaten Dharmasraya bekerjasama de­ngan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK­KS) menyerahkan 28 he­wan qurban, untuk dibagikan ke sejumlah nagari yang membutuhkan dalam perayaan Idul Adha tahun 2021 ini.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan secara simbolis sebanyak 28 he­wan qurban yang terdiri dari 25 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk disalurkan ke nagari nagari se Dharmasraya di Pasar Ternak Gunung Medan, Senin (19/7).

Menurut laporan Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, 28 hewan qurban ini merupakan sumbangan dari For­kopimda, OPD, Perusahaan, Perbankan dan KUD di Kabupaten Dharmasraya.  “Istimewa pada tahun ini, ada sumbangan hewan qurban juga dari KUD, yakni KUD Sinamar berupa 1 ekor sapi. Semoga ini dapat menjadi pemicu bagi KUD-KUD yang lain untuk bekerjasama dengan LKKS, me­nyum­­bangkan hewan qurban bagi masyarakat yang mem­butuhkan,” ujarnya.

Sedangkan jumlah total hewan qurban dari 11 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya tahun ini, kata Bupati Sutan Riska mencapai 1.344 ekor. Yang terdiri dari 20 ekor kerbau, 1.199 ekor sapi dan 125 ekor kambing.

Namun demikian, imbuhnya, jumlah tersebut tidak terdistribusi merata di se­tiap nagari. Ada nagari yang hewan qurbannya melimpah, mencapai ratusan. Ada pula yang minim, hanya 1 ekor.

“Itulah kenapa peme­rintah daerah bekerjasama dengan LKKS berupaya meratakan distribusi ini. Sehingga nagari yang ke­kurangan hewan qurban bisa kita bantu dengan bantuan dari berbagai pihak yang menyumbang di LKKS,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang sudah berke­nan memberikan kontribusi langsung sebagai pe­nyum­bang hewan qurban. “Semoga tahun depan le­bih banyak lagi pihak yang berpartisipasi, terutama perusahaan. Sehingga kita bisa merasakan kebaha­giaan Idul Adha secara bersama, terutama dengan masya­rakat yang membutuhkan. Mari kita berdo’a dan menyisihkan uang kita lagi mulai besok, agar bisa kembali berqurban tahun depan,” ungkap bupati.

Kepada masyarakat penerima, bupati mengajak untuk mendo’akan kebaikan bagi orang yang berqurban. “Do’akan orang yang berqurban sehat, rezekinya banyak, sehingga tahun depan bisa berqurban lagi,” tukasnya.

Kemudian, untuk men­cegah penyebaran Covid-19, bupati meminta pe­nyembelihan dan pendistribusian hewan qurban dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.  “Kalau dapat, diantarkan langsung oleh panitia ke rumah-rumah warga. Sehingga tidak ada kerumunan. Jangan sampai nanti hewan qurban dapat, kitanya malah positif Co­vid-19. Jadi mohon tetap patuhi prokes. Karena beberapa hari belakangan ini peningkatan kasus covid cukup tinggi di daerah ki­ta,” pungkas bupati. (gus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional