Close

Beras Solok Potensi Daerah yang Didukung Letak Geografis

LAHAN PERTANIAN—Hamparan lahan persawahan di Kota Solok yang menghasilkan komoditi beras solok dengan rasa khas.

SOLOK, METRO–Di Kota Solok menurut Walikota Solok Zul Elfian, Beras Solok merupakan potensi bagi daerah. Apa­lagi didukung letak geo­grafis Kota Solok yang sangat cocok untuk tanaman padi yang menghasilkan beras dengan cita rasa khas. “Beras Kita (Beras Solok) ini merupakan salah satu rahmat yang diberikan oleh Allah SWT, letak geografis daerah sangat mendukung untuk menghasilkan beras kualitas premium,” sebut Zul Elfian, kemarin.

Kota Solok yang dikenal luas sebagai penghasil beras tidak terlepas dari pe­ran besar para petani yang terus menjaga kualitas beras Solok. Semangat tersebut harus diteruskan de­n­gan menjaga orisinalitas­nya.

Menurutnya kemurnian beras Solok harus dijaga, sehingga cita rasanya yang khas bisa dinikmati oleh semua orang. Bahkan Beras Solok sudah menjadi ikon bagi kota Solok.

Bagi banyak konsumen, poduksi beras asal Kota Solok masih menjadi primadona dalam mengisi kebutuhan beras lokal dan nasional dan berpeluang merambah pasar ekspor. Namun, masih disayangkan kuantitas produksi ma­sih terbatas.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk di Kota Solok menghadirkan tantangan baru bagi para pe­tani. Alih fungsi lahan menjadi ancaman serius yang patut menjadi perhatian semua pihak.

Secara kasat mata bisa dilihat, sejumlah titik yang sebelumnya masih menjadi areal sawah sudah dimanfaatkan untuk lokasi bangunan dan pertokoan. Mempertahankan sawah Solok menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah dan masyarakat.

Untuk kualitas beras solok sudah memenuhi untuk bersaing di pasar. Namun kontinuitas perlu di­perhatikan. Sebab tanpa adanya produksi yang ber­kesinambungan, kuantitas dan kualitas tidak ada ar­tinya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top