Menu

Beras Solok jadi Rahmat bagi Warga Kota Solok

  Dibaca : 161 kali
Beras Solok jadi Rahmat bagi Warga Kota Solok
GUDANG BERAS—Wali Kota Solok Zul Elfian ketika meninjau sistem penyimpanan beras di Cipinang, Jakarta beberapa waktu lalu.

SOLOK, METRO–Di Kota Solok menurut Walikota Solok Zul Elfian, beras solok merupakan potensi bagi daerah yang cukup menjanjikan di segi perekonomian ma­sya­ra­kat. Apalagi didukung letak geografis Kota Solok yang sangat cocok untuk tana­man padi yang meng­ha­silkan beras de­ngan cita rasa khas. Se­hingga bisa mense­jah­te­rakan ma­sya­rakat Kota Solok, secara pereko­no­mian.

“Beras Kita (Beras So­lok) ini merupakan salah satu rahmat yang dibe­rikan Allah SWT, letak geo­grafis daerah sangat men­dukung untuk meng­ha­silkan beras kualitas premium,” sebut Zul Elfian.

Kota Solok yang dikenal luas sebagai penghasil beras tidak terlepas dari peran besar para petani yang terus menjaga kua­litas beras Solok. Sema­ngat tersebut harus dite­ruskan dengan menjaga orisinalitasnya.

Menurutnya kemurnian beras Solok harus dijaga, sehingga cita rasanya yang khas bisa dinikmati oleh semua orang. Bahkan Be­ras Solok sudah menjadi ikon bagi Kota Solok.

Bagi banyak konsumen, poduksi beras asal Kota Solok masih menjadi pri­ma­dona dalam mengisi kebutuhan beras lokal dan nasional dan berpeluang merambah pasar ekspor. Namun, masih disa­yang­kan kuantitas produksi ma­sih terbatas.

Seiring dengan pertum­buhan penduduk di Kota Solok menghadirkan tan­tangan baru bagi para pe­tani. Alih fungsi lahan men­jadi ancaman serius yang patut menjadi perhatian semua pihak.

Secara kasat mata bisa dilihat, sejumlah titik yang sebelumnya masih menja­di areal sawah sudah di­manfaatkan untuk lokasi bangunan dan pertokoan. Mempertahankan sawah Solok menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah dan masyarakat.

“Untuk kualitas beras solok sudah memenuhi untuk bersaing di pasar. Namun kontinuitas perlu diperhatikan. Sebab tanpa adanya produksi yang ber­kesinambungan, kuantitas dan kualitas tidak ada ar­tinya,” ujar Zul Elfian. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional