Menu

Berantas Aksi Premanisme di Pasar Raya Padang, 17 Pelaku Pungli Sopir Angkot Diamankan

  Dibaca : 815 kali
Berantas Aksi Premanisme di Pasar Raya Padang, 17 Pelaku Pungli Sopir Angkot Diamankan
PELAKU PUNGLI— Puluhan preman yang diduga melakukan aksi pungli terhadap sopir angkot di kawasan Air Mancur, Pasar Raya Padang diamankan aparat kepolisian, Sabtu (12/9). Mereka dibawa ke Mapolresta Padang untuk didata dan diberi pembinaan.

M YAMIN, METRO–Aparat kepolisian menangkap sekitar 17 orang diduga terlibat dalam aksi premanisme dan pungutan liar (pungli) di wilayah Pasar Raya Padang, dalam beberapa waktu terakhir. Penangkapan merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai ditelepon Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan masalah premanisme tersebut.

Selain itu, penangkapan ini untuk mencegah terjadinya aksi tindak pidana dan premanisme yang dapat menjadi ancaman atau gangguan terhadap situasi kamtibmas yang kondusif. Dipimpin Kasat Intelkam AKP Ridwan, beserta 20 personel gabungan dari Satreskrim, Sat Sabhara, Sabtu (12/6) sore, petugas menyasar para preman yang diduga melakukan pungli terhadap sopir angkot yang melintasi kawasan Air Mancur, Pasar Raya Padang.

Sebanyak 17 orang diduga melakukan pungli yaitu, IS (16), FSP (21), N (15), SC (50), M (65), P (33), A (40), D (50), S (40), D (42), AN 17, M (64), S (53), A (40), RR (25), AA (64), dan AR (23), diamankan aparat kepolisian.

Puluhan preman tersebut langsung digiring ke Polresta Padang untuk didata dan dilakukan pembinaan di halaman Mako Polresta Padang. Mereka membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir mengatakan, 17 orang yang diamankan tersebut diduga melakukan pungli dengan modus menjual minuman kepada sopir angkot kemudian meminta uang lebih dari harga biasa minuman tersebut.

“Pelaku yang terjaring diduga melakukan pungli terhadap sopir angkot yang melintasi kawasan Air Mancur, Pasar Raya Padang. Para pelaku berhasil diamankan karena tertangkap tangan sedang melakukan pungli di kawasan Pasar Raya Padang. Kami tidak akan tanggung-tanggung dalam memberantas yang namanya premanisme yang dinilai sangat meresahkan masyarakat,” ujar Imran.

Ia mengharapkan kepada masyarakat, apabila menemukan adanya hal-hal yang berbau premanisme agar melaporkan kepada kepolisian terdekat.

“Hal ini sesuai instruksi Kapolri untuk membasmi premanisme dan tentunya sesuai motto kita menuju Kota Padang Zero Kriminal,” tegas Imran.

Imran Amir menerangkan, sebagai bagian dari pelaksanaan patroli quick quins program premanisme, tim patroli melakukan sambang dan pemberian arahan kepada warga agar menghindari praktik pungli.

“Tim patroli juga melakukan dialog dan imbauan kepada para pengunjung pasar agar terlibat aktif dalam melakukan penjagaan keamanan kendaraan masing-masing dengan memperhatikan lokasi parkir serta menggunakan kunci pengaman tambahan,” pungkasnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional