Menu

Beraksi di 6 TKP, Buruh Harian Lepas jadi Spesialis Pembobol Rumah Mewah

  Dibaca : 177 kali
Beraksi di 6 TKP, Buruh Harian Lepas jadi Spesialis Pembobol Rumah Mewah
PENCURI DITANGKAP— Jajaran Satreskrim Polres Payakumbuh menangkap seorang pelaku pencuri spesialis pembobol rumah mewah dengan barang bukti perhiasan emas, barang elektronik dan lainnya.

PAYAKUMBUH, METRO
Seorang pelaku pencurian spesialis pembobol rumah mewah ditangkap Tim Satreskrim Polres Payakumbuh ketika sedang mengisi pulsa di salah satu konter di Kelurahan Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Senin (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Ketika diinterogasi, tersangka berinisial MPD (27) yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas ini, ternyata sudah melakukan aksinya di enam lokasi berbeda di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Bahkan, sasarannya merupakan rumah mewah yang ditinggal pemiliknya alias kosong.

Setelah masuk ke dalam rumah mewah itu, tersangka dengan leluasa menggeledah seisi rumah dan menggasak barang berharga berupa emas, Hp dan uang tunai. Aksi pria lajang yang meresahkan warga di Luak Limo Puluah ini berhasil diungkap Satreskrim Polres Payakumbuh setelah menerima laporan dari masyarakat atas berbagai aksi yang dilakukannya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, melalui Kasatreskrim AKP M.Rosidi, kepada awak media mengatakan, enam rumah yang pernah digasak tersangka dengan rincian lima rumah berada di wilayah hukum Polres Payakumbuh dan satu rumah di wilayah hukum Polres Lima Puluh Kota.

“Kita menangkap tersangka pencuri rumah mewah ini ketika tersangka sedang membeli pulsa. Dari hasil penangkapan, kita menyita barang bukti hasil curiannya berupa emas perhiasan, kamera, pakaian, Hp, jam tangan dan lainnya. Sedangkan sebagian hasil curiannya sudah dijual,” sebut AKP M Rosidi, Selasa (5/1).

AKP M Rosidi menuturkan, selain penyitaan barang bukti hasil pencurian yang masih ada di tangan tersangka, Tim Satreskrim juga menyita hasil curian tersangka dibeberapa lokasi seperti Payobasuang, Simpang Kasda, di Kelurahan Ibuah dan Dikelurahan Napar.

“Saat ini tersangka sudah Kita amankan bersama barang bukti di Mapolres Payakumbuh. Kita masih terus mencari keberaadaan barang bukti lainnya. Jadi tersangka melakukan aksinya seorang diri dan sasarannya rumah mewah yang tidak ada penghuninya,” sebut AKP M Rosidi.

Dirincikan AKP M Rosidi, enam rumah tempat aksi tersangka, pertama di Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh pada 4 Desember 2020 Lalu. Saat itu tersangka berhasil membawa perhiasan emas 22 karat seberat 10 gram, satu unit Hp android merek Lenovo warna hitam abu-abu, 1 tas ransel warna hitam yang berisikan dokumen penting dan uang tunai sebesar Rp 2,5 juta.

Kemudian pada 26 Desember 2020, tersangka beraksi di Kelurahan Sungai Pinago, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Di rumah mewah itu, tersangka membawa satu unit laptop merek Vivobook 14 asus X442UF, satu unit kamera merek canon DSLR 1100D warna hitam, lima buah jam tangan berbagai merk, tiga Hp jadul dan satu unit tablet.

Aksi ketiga, dilakukan tersangka pada 30 Desember 2020 di Jalan PGRI No 39, Kelurahan Parak Batuang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Di sana, tersangka berhasil membawa kabur enam buah gelang emas masing-masing berat lima emas, dua buah cincin emas masing-masing berat tiga emas, lima buah gelang emas gram dengan berat masing-masing lima gram dan tiga gram.

Tidak behenti sampai disitu, tersangka kembali beraksi di Kelurahan Sicincin Bukik Sitabur, Kecamatan Payakumbuh Timur, dan berhasil menggasak satu unit Hp merk Oppo. Kemudian juga beraksi di Kelurahan Lundang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, tepatnya di rumah kos-kosan putri, dimana pelaku berhasil membawa kabur satu unit Hp Samsung.

“Selain beraksi di rumah, tersangka beraksi di Pasar Taram Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Tersangka berhasil membawa kabur satu unit Macbook Apple warna silver beserta peralatannya, accesoris perhiasaan perempuan,” pungkas AKP M Rosidi. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional