Menu

Bengkuang, Ikon Kota Padang, Pedagang: Pasokan Banyak dari Lubuk Alung

  Dibaca : 216 kali
Bengkuang, Ikon Kota Padang, Pedagang: Pasokan Banyak dari Lubuk Alung
LAYANI PEMBELI— Seorang pedagang bengkuang terlihat sedang melayani pembeli di kedainya. Meski ikon Kota Padang, namun buah ini banyak diperoleh pedagang dari Sikabu, Lubuk Alung. (elia novika/posmetro)

PADANGPARIAMAN, METRO – Pedagang bengkuang banyak ditemui di dekat jembatan layang atau persimpangan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Sedangkan pedagang bengkuang di Padang tidak banyak. Padahal bengkuang ini merupakan ikon dari Kota Padang.

Tidak itu saja, para pedagang mendapatkan pasokan buah ini kebanyakan dari Padangpariaman.

“Buah bengkuang yang dijual ini sebagian besar didapat dari daerah Sikabu di Lubuk Alung. Ada juga sebagian kecil didapat dari petani Kota Padang kalau sedang panennya,” ujar Desi (30) penjual bengkuang dekat jembatan layang.

Desi menjelaskan, kualitas bengkuang dari Lubuk Alung dan Padang, sama-sama baik. Tetapi hanya saja yang lebih banyak panennya ada di Lubuk Alung yaitu diSikabu.

Desi mengungkapkan, pembeli bengkuang tampak ramai ketika hari libur terutama Sabtu dan Minggu. Namun, kalau Senin sampai Jumat sepi pembeli. Untuk harga bengkuang sebutnya, berbeda tergantung ukurannya.

“Ada bengkuang tiga ikat kecil harga Rp10 ribu, ada juga bengkuang yang ukuran lebih besar harga Rp10 ribu,” tukasnya.

Kondisi yang sama juga diakui pedagang bengkuang lainnya, Devi (25). Ia mengaku, pemasokan bengkuang berasal dari Sikabu, Lubuk Alung. Sedangkan pemasok dari Padang jarang yang datang.

Pembeli bengkuang, Rita Hermanti mengatakan, ia membeli buah tersebut untuk perawatan kulit. Ada juga sebagian yang dimakan.

“Harga bengkuang sangat terjangkau. Buah ini sangat enak dimakan serta mengandung vitamin,” bebernya. (e)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional