Menu

Belasan Tenaga Kerja Perempuan Dilatih Menjahit

  Dibaca : 36 kali
Belasan Tenaga Kerja Perempuan Dilatih Menjahit
FOTO BERSAMA—Belasan tenaga kerja perempuan peserta pelatihan foto bersama dengan Sekdisnakerin Padang, Desemberius.

PADANG, METRO – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang melaksanakan pelatihan menjahit tenaga kerja perempuan yang melibatkan 12 peserta di LPK Anggrek Air Tawar Barat Padang, Rabu (7/11). Pelatihan yang merupakan kegiatan pengemabangan kelembagaan produktivitas dan pelatihan kewirausahaan ini dibuka Kadisnakerin Padang yang diwakili Sekdisnakerin Desemberius.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, sehingga dapat diserap pasar kerja dan dunia usaha di Kota Padang. Sehingga bisa menekan angka pengangguran di kota ini,” ujar Desemberius didampingi Kasi Lattas Metiyarni SH.

Dikatakan Desemberius, sasaran pelatihan pelatihan ini merupakan pencari kerja, korban PHK, ibu rumah tangga, setengah pengangguran yang mengantongi KTP Kota Padang. Pelatihan yang merupakan angkatan III ini dilaksanakan selama 16 hari dari 7 hingga 24 November di LPK Anggrek Jalan Elang Raya Air Tawar Barat.

Kemudian, keberadaan tenaga kerja dalam peningkatan kualitas dan produktivitas merupakan salah satu program pemerintah Kota Padang dalam pengurangan angka pengangguran dan penyerapan tenaga kerja dengan keterampilan dan keahlian yang diberikan lewat pelatihan ini. Maka Disnakerin mengajak seluruh elemen dalam peningkatan kualitas dan produktivitas memberikan motivasi untuk bekerja dan berwirausaha sehingga membuka lapangan kerja.

Ditambahkan, tahun 2017 jumlah pencari kerja terdaftar di Disnakerin Padang mencapai 10.960 orang yang sebagian besar terdiri dari lulusan SMA dan sarjana. Sementara, yang bisa ditempatkan untuk bekerja hanya 669 orang kemudian SMA di Kota Padang yang telah menghasilkan lulusan lebih kurang dari 30.000 orang setiap tahun. Hal ini yang menjadi permasalahan yang baru bagi dunia ketenagakerjaan khususnya penyiapan kompetensi dan keterampilan serta keahlian calon tenaga kerja. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional