Close

Belasan Kali Beraksi di Kota Padang, Spesialis Jambret Ditembak Hasil Rampasan Dipakai Beli Sabu

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda.

PADANG, METRO–Berusaha melawan dan kabur saat dibawa Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang untuk mencari ba­rang bukti, seorang pria yang menjadi spesialis jambret dan sudah beraksi belasan kali terpaksa dihadiahi timah panas.

Penembakan di bagian kaki pelaku bernama M Rindu Fitrio (34), warga Korang Gadang, Kecamatan Kuranji dilakukan petugas saat menangkap pelaku di Jalan Taruko I, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji pada Senin malam (15/11).

Usai dilumpuhkan, pelaku yang merupakan warga Korong Gadang langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sum­bar untuk mendapatkan penanganan medis terhadap luka di kaki kirinya tersebut.

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fer­nanda mengatakan, pelaku ditangkap atas perbuatan yang melakukan aksi jambret di di jalan bandar kali, Linggar Jati, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah pada bulan Desember tahun 2020 yang lalu.

“Kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB, ketika korban seorang perempuan sedang mengendarai sepeda motor seorang diri dari rumah menuju kawasan Tunggul Hitam. Tiba-tiba sampai di tepi jalan bandar kali Linggar Jati, datang pelaku dari arah belakang menggunakan sepeda motor yang diduga adalah Honda Vario,”kata Rico.

Saat itu sambung Rico, pelaku langsung merenggut (merampas) satu buah tas ransel warna kuning yang disandang korban dipunggungnya, sehingga korban terjatuh dari sepada motor dan menyebabkan korban tidak sadarkan diri.

“Dari kejadian tersebut, korban kehilangan satu buah tas ransel yang berisikan satu unit handphone (HP) merk Samsung M20 warna biru dan emas seberat lima gram serta surat-surat berharga milik korban yang dibawa kabur oleh pelaku,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil pe­nye­lidikan di lapangan, tim Kle­wang berhasil me­ngum­­pulkan dan meng­him­­pun informasi tentang ter­sangka yang diduga telah melakukan pencurian dengan kekerasan tersebut.

“Kemudian setelah men­­­da­patkan identitas dan data tersangka tersebut, tim Klewang mendatangi rumah tersangka untuk me­lakukan penangkapan terhadap tersangka serta me­lakukan inte­ro­gasi,­”ung­kap­nya.

Setelah diinterogasi, tersangka mengakui dan membenarkan bahwa pelaku dalam perkara pencurian dengan kekerasan tersebut adalah tersangka sendiri dan tersangka juga mengakui bahwa tersangka telah melakukan pencurian dengan kekerasan lainnya sebanyak 15 TKP di sekitar Kota Padang sejak bulan April 2020. 

“Namun pada saat dilakukan pengembangan dan mencari barang bukti, tersangka mencoba melakukan perlawanan dan melarikan diri. Sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur yang mengakibatkan tersangka mengalami luka tembak pada kaki bagian kiri,” sebut Rico.

Rico mengatakan, dari tangan pelaku polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa tiga lembar kuitansi pembelian emas milik korban, satu kotak Hp, dan sepeda motor yang digunakan pelaku melakukan jambret.

“Mirisnya, barang-barang hasil jambretan itu langsung dijual oleh pelaku. Sedangkan uang hasil penjualan digunakannya untuk membeli narkoba jenis sabu-sabu,”tukasnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top