Menu

Belajar Online di Masa Pandemi, Hendri: Banyak Manfaat Dirasakan Pelaku Pendidikan

  Dibaca : 647 kali
Belajar Online di Masa Pandemi, Hendri: Banyak Manfaat Dirasakan Pelaku Pendidikan
BIMTEK— Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri menghadiri Bimtek e-Learning secara tatap muka di aula Amal Bakti I Kanwil Kemenag Sumbar.

KUINI, METRO
Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri mengakui dalam suasana pandemi penyebaran Covid-19 saat ini, ternyata banyak manfaat dirasakan pelaku pendidikan. Selain proses belajar dan mengajar (PBM) secara online, guru bersama peserta didik harus menguasai fasilitas teknologi dan informasi.

“Keberadaan dan kemampuan pelaku pendidikan, apakah sebagai guru, siswa dan pelaku pendidikan lain, memanfaatkan faslitas Teknologi dan Informasi (TI), seperti laptop atau handphon (HP), untuk saat ini dan ke depan, bukan lagi sekedar pelengkap terlaksananya proses pembelajaran, antara guru dengan peserta didik,” ujar Hendri ketika membuka Bimtek e-Learning secara tatap muka di aula Amal Bakti I Kanwil Kemenag Sumbar secara virtual bagi guru bersama operator MTs negeri dan swasta se-Sumbar.

Hendri menjelaskan, diturunkan dan berkembangnya virus corona, seperti di Sumbar oleh Yang Maha Kuasa, bagi pelaku dan semua pihak dalam dunia pendidikan, bermanfaat. Selain mampu menguasan serta pemanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi (TI), guru siswa dengan pelaku pendidikan lain, harus menguasai (jejaring dan aplikasi) dari fasilitas TI itu sendiri.

Menurutnya, paling tidak ada empat keuntungan dari pemanfaatan fasilitas TI di kalangan dunia pendidikan. Satu, bisa menghemat waktu. Seperti siswa tidak lagi mencatat setiap mata pelajaran, seperti biasanya, siswa bisa mengkopi atau mendownload bahan ajar dari berbagai bidang studi, dan guru juga bisa mengirimkan bahan ajar melalui email).

“Dua, dalam kondisi saat ini, bisa menghemat biaya, seperti harus membeli buku, ongkos dan memenuhi kebutuhan lain,” tandasnya.

Tiga terang Hendri, siswa bisa aktif, dimana dan kapan saja. Sebab, agar bisa mengetahui, menguasai dan mampu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, semuanya bisa mereka lakukan dengan memanfaatkan fasilitas TI, seperti HP android.

Empat ungkapnya, belajar secara online bisa menyenangkan, apakah bagi tenaga pendidik untuk setiap bidang studi maupun bagi peserta didik di madrasah bersangkutan. Belajar online, bisa dilaksanakan kapan dan dalam kondisi dimana saja.

“Sepanjang ada jaringan, dan paket selalu terisi, maka proses belajar mengajar, bisa dilaksanakan dengan menyenangkan,” sebut Hendri.

Untuk Sumbar, tambah Hendri, dialokasikan sebanyak 362.000 paket pemanfaatan situs atau aplikasi pemanfaatan belajara secara virtual. Kemudian diberdayakan setiap madrasah negeri dan swasta dengan pihak terkait di lingkungan Kanwil Kementerian Agama se-Sumbar. Untuk itu, manfaatkan fasilitas itu secara maksimal. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional