Close

Belajar Fisika Online dengan Teknologi Augmented Reality

Belajar daring (dalam jaringan/online) merupakan satu-satunya jalan keluar dimasa pandemic ini untuk tetap mencapai tujuan pembelajaran bagi seluruh siswa tingkatan sekolah.

Penulis: Anggi Angelina PAT (Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika UNP)

Wabah Corona Virus (Covid-19) yang melanda dunia saat ini tidak hanya mempengaruhi ekonomi masyarakat, namun juga ranah pendidikan. Belajar daring (dalam jaringan/online) merupakan satu-satunya jalan keluar dimasa pandemic ini untuk tetap mencapai tujuan pembelajaran bagi seluruh siswa tingkatan sekolah.

Maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi, smartphone (telepon pintar) adalah kebutuhan penting siswa saat ini. Dari siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, sekarang bisa mengoprasikan benda kecil berteknologi tinggi tersebut untuk kebutuhan belajar di rumah.

Hal yang menjadi masalah di saat pembelajaran daring ini adalah minat siswa dalam pembelajaran. Banyak sekali siswa yang merasa bosan dengan hanya diberikannya materi dalam bentuk e-book atau gambar di smartphone, sehingganya tujuan pembelajaran tidak tercapai secara sempurna.

Di saat inilah teknologi terbaru yang menarik juga inovatif harus dimanfaatkan. Salah satunya yaitu teknologi Augmented Reality, dimana pengguna smartphone dapat melihat gambar visual secara real time dengan menggunakan kamera handphone atau smartphone.

Tekhnologi Augmented Reality ini sangat me­nyenangkan, seru dan juga interaktif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Motivasi siswa dalam belajarpun pasti akan meningkat jika belajar dengan menggunakan teknologi terbaru.

Dalam pembuatan bahan ajar dengan Augmented Reality ini, guru tidak perlu cemas atau bingung karena sekarang sudah ada aplikasi online yang sangat mudah dan dikhususkan dalam memanfaatkan Augmented Reality yaitu Zappar.

Aplikasi Zappar hanya dapat digunakan secara online dan tidak memerlukan spesifikasi perangkat khusus yang artinya dapat dengan mudah diper­gunakan oleh guru untuk membuat bahan ajar dan juga siswa sebagai bahan ajar online.

Teknologi Augmented Reality inilah yang diha­rapkan dapat menjadi solusi dibuatnya bahan ajar terbaru bagi siswa yang lebih inovatif dan dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.

Beberapa produk bahan ajar teknologi Augmented Reality hasil penelitian yang dapat digunakan langsung oleh para guru diantaranya e-book Gelombang Bunyi dan Optik yang dibuat oleh Fauzi Bakri dkk, multimedia Optik Geometri yang dibuat oleh Yessi Afrienni dkk, dan masih banyak lainnya yang bisa langsung di download dan digunakan diaplikasi Zappar. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top