Close

Bebas Covid-19, Capaian Vaksinasi 70 Persen di Kota Padangpanjang

ANGGOTA Komisi IX DPR-RI, dr H Suir Syam

Anggota Komisi IX DPR-RI, dr H Suir Syam mengapresiasi atas keberhasilan Kota Padangpanjang capai PPKM Level 1. Capaian Pemko dalam percepatan penanganan Co­vid-19 sampai di angka 70 persen masyarakat telah di vaksin berkemungkinan besar Pa­dang­panjang akan bebas dari covid.

”Ini sungguh capaian yang sangat luar biasa yang diperoleh Kota Padang Panjang. Dari Level 3, langsung mencapai Level 1,” kata Suir Syam.

Dengan kondisi saat ini, sebutnya, Padangpanjang sudah bisa keluar dari beberapa peraturan Level 3. Sedikit demi sedikit Padangpanjang sudah ada kelonggaran, namun ja­ngan lupa untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan (prokes), terutama 3 M, memakai mas­ker apabila keluar rumah, jaga jarak serta tetap cuci tangan pakai sabun. Kapan perlu ja­ngan keluar rumah apabila tidak mendesak.

Suir Syam juga mengimbau agar seluruh warga Padang Panjang melakukan vaksinasi. Sebab apabila 70 persen ma­syarakat divaksinasi, maka Padang Panjang akan bebas dari Covid-19.

”Di Sumbar kita yang ter­tinggi dalam pelaksanaan vaksinasi. Untuk vaksin pertama sudah mencapai 66 persen dan kedua sudah 40 persen. Apabila yang kedua bisa mencapai 70 persen, Kota Padangpanjang akan bebas mencari hi­dup, bebas beribadah, bebas sekolah. Untuk mencapai hal ini, bagi masyarakat yang belum divaksin mari kita ikuti vaksinasi,” imbau Suir Syam.

Bagi kepala daerah di Sumbar, ungkap Suir Syam, agar le­bih memperhatikan masya­rakat. Mana yang belum divaksi­nasi, segera lakukan vaksinasi.

Sementara, Kadis Kesehatan, Drs. Nuryanuwar Apt M­Kes MM sangat bersyukur karena Padangpanjang, pada 18 Oktober lalu ditetapkan ka­tegori Level 1. Ini suatu prestasi dan kerjasama yang luar biasa diraih Pemko Padangpanjang.

“Upaya kita bersama elemen lain seperti TNI/Polri dan pihak lainnya berhasil. Untuk mencapai Level 1 ini tentu tidak mudah. Banyak indikator yang sudah dicapai. Di antaranya pasien Covid-19 tidak lebih dari 5 orang, tidak ada lagi orang yang meninggal karena Co­vid-19. Namun poin yang tertinggi yang membuat kita jadi Level 1 yaitu capaian vaksinasinya,” sebutnya.

Dikatakan Nuryanuwar, tidak tertutup kemungkinn Padang Panjang bisa kembali ke Level 2 atau Level 3. ‘Untuk mencegah ini, kami imbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Yang terpenting, masyarakat yang belum divaksinasi, segeralah ikut divaksin agar kita mencapai bebas Covid-19 ini,” ajak­nya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top