Menu

Beasiswa Saga Saja untuk Mahasiswa Tidak Mampu “Rajinlah Belajar untuk Kemajuan Daerah”

  Dibaca : 211 kali
Beasiswa Saga Saja untuk Mahasiswa Tidak Mampu “Rajinlah Belajar untuk Kemajuan Daerah”
PLT Wako Mardison Mahyuddin menyerahkan bantuan beasiswa melalui Program Saga Saja untuk mahasiswa.

Plt Wali Kota Pariaman Mardison  Mahyuddin, kemarin, menyerahkan beasiswa program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) yang merupakan program unggulan Pemerintah Kota Pariaman dalam rangka membantu anak-anak Pariaman yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik.

“Beasiswa program Saga Saja dari Baznas Kota Pariaman kita serahkan Rp 736 juta. Untuk kali ini kita serahkan bantuan untuk 137 orang mahasiswa penerima beasiswa program Saga Saja tahun 2020. Mereka menerima untuk semester dua angkatan tahun 2019 dan semester  satu utnuk angkatan tahun 2020,” kata Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, kemarin.

Mardison  Mahyuddin mengapresiasi mahasiswa penerima beasiswa tersebut, karena umumnya mereka memiliki nilai nilai IPK tinggi dalam masa kuliahnya. “Kita harapkan kepada semua mahasiswa pemerima beasiswa agar dapat memanfaatkan beasiswa ini untuk menunjang pendidikan di kampusnya masing-masing,” ujarnya.

Katanya, para mahasiswa ini hendaknya bisa mambangkik batang tarandam keluarga dengan rajin belajar dan tingkatkan prestasi. Sehingga mereka dapat membanggakan keluarga dan Kota Pariaman dengan prestasi masing masing.

Apalagi, program Saga Saja ini merupakan program unggulan Pemerintah Kota Pariaman. Ini merupakan mahasiswa periode kedua karena sebelumnya juga sudah dilaksanakan periode pertama. Jadi, dana yang disalurkan kali ini berjumlah Rp 736 juta beasiswa untuk 137 mahasiswa di 5 Perguruan Tinggi swasta dan negeri.

Dikatakan, jumlah beasiswa yang diberikan bervariasi tergantung kepada perguruan tinggi masing-masing tapi yang jelas uang semesternya ditanggung sesuai dengan yang dibayarkan di perguruan tinggi seperti uang pembangunan dan uang saku sebanyak Rp 500 ribu perbulan.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kota Pariaman Jamohor menyebutkan, beasiswa itu diperuntukkan pada mahasiswa didik baru sebanyak 60 orang dan lainnya untuk mahasiswa yang perkuliahannya telah berjalan selama III semester, program Saga Saja. ”Untuk mahasiswa baru semester pertama kita bantu sebanyak Rp 9 juta/orang, dan ada juga yang menerima Rp 2 juta. tergantung kampus atau tempat mahasiswa berkuliah,” ujarnya.

Ia mengatakan, program beasiswa Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana) Pemko Pariaman dapat diselesaikan hingga semester tiga, kemudian kelanjutannya dibantu oleh APBD Pemerintah Daerah. ”Bantuan beasiswa ini selalu kita pantau melalui dinas pendidikan, Alhamdulillah seluruh mahasiswa yang menerima beasiswa dari Baznas semua nilai perkuliahannya baik.” ujarnya.

Upaya ini merupakan untuk mencegah kemiskinan dalam keluarga. “Jika kita melihat kemiskinan dalam keluarga itu ada yang mencapai 10 hingga 20 tahun. Melalui program Saga Saja inilah dapat merobah nasib keluarga mereka,” kata Jamohor.

Minimal setiap tahunnya Baznas membantu beasiswa untuk mahasiswa reguler sebanyak 300 orang. “Baznas juga memiliki mahasiswa binaan yang diluar negeri dan luar daerah. Insya Allah kita selalu merespon setiap kebutuhan mahasiswa ini, tentunya yang sesuai dengan Hasnaf yang delapan. Terutama yang miskin dan pantas untuk dibantu,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakan, Ketua Baznas Kota Pariaman Jamohor menyatakan dana yang diserahkan kali ini adalah angkatan 2019 2 Semester (Semester II dan Semester III). Dana yang diserahkan ini rincian Politeknik Negeri Padang 27 Orang (Rp 401.000.000), Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang 3 Orang (Rp 23.750.000), Politeknik Pelayaran Sumbar 6 Orang (Rp 59.022.000) dengan jumlah 36 Orang  (Rp 483.772.000).

Kemudian, angkatan 2020 semester I dengan rincian Politeknik Negeri Padang 8 Orang ( Rp 56.750.000), Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang : 49 Orang ( Rp 123.500.000), Politeknik Kelautan dan Perikanan 9 Orang (Rp 72.900.000), dengan jumlah 66 Orang (Rp 253.150.000)

”Semua dana tersebut bersumber dari Baznas Kota Pariaman (sesuai Perwako nomor 34 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Beasiswa Bagi Mahasiswa Miskin pada Program Satu Keluarga Satu Sarjana),” tambahnya mengakhiri. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional