Menu

BBPOM Sidak Pasar Pabukoan Kota Solok

  Dibaca : 42 kali
BBPOM Sidak Pasar Pabukoan Kota Solok
AMBIL SAMPEL— Wawako Solok, Reinier bersama BBPOM melakukan sidak ke pasar pabukoan. Tim mengambil sampel makanan dan minuman pabukoan untuk diuji di laboratorium. (eriviko/posmetro )

SOLOK, METRO – Tim terpadu Pemko Solok bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar pabukoan, Kota Solok. Kegiatan itu merupakan langkah antisipasi melindungi masyarakat konsumen dari bahan bahan berbahaya yang terdapat dalam makanan.

Wakil Walikota Solok, Reinier bersama petugas terkait mengambil sejumlah sampel makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang dipasar pabukoan di kawasan Jalan Cengkeh, Kota Solok. Sempel makanan yang dibeli itu akan dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan dari makanan serta minuman tersebut.

Kabid Infokom BBPOM Sumbar, Fifiani yang ikut dalam kegiatan itu mengatakan, jenis makanan dan minuman yang dijual akan diuji. Dan nantinya akan diketahui, apakah dalam makanan dan minuman ditemukan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Terlihat sampel minuman seperti cendol, rumput laut dan jenis kolak lainnya dibawa oleh petugas untuk diuji. Kendati demikian, Fifiani mengajak masyarakat untuk tidak terlalu takut berbelanja di pasar pabukoan Kota Solok. Sebab banyak pedagang jujur yang menggunakan pewarna makanan atau alami.

“Nanti hasilnya akan kita periksa di laboratorium dan disampaikan pada Pemko Solok. Kalau memang ada ditemukan penggunaan bahan berbahaya, maka akan dilakukan penelusuran dan pembinaan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok, Reinier dalam kesempatan itu mengatakan, sidak yang dilakukan tim terpadu bersama BBPOM Sumbar merupakan upaya dalam pengawasan terhadap perdagangan makanan dan minuman di Kota Solok, terutama bulan Ramadan. Dan kegiatan ini juga sekaligus untuk mengupayakan pembinaan bagi para pedagang.

“Kalau nantinya ditemukan adanya penggunaan bahan berbahaya seperti boraks, rodhamin dan formalin, maka akan melakukan penelusuran dan pembinaan terhadap pedagang yang bersangkutan,” ungkapnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional