Menu

BBI Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara Dikembangkan jadi Wisata Edukasi

  Dibaca : 93 kali
BBI Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara Dikembangkan jadi Wisata Edukasi
Bupati Solok Selatan Khairunas saat mengunjungi BBI Bariang, Sabtu (11/9/2021).

SOLSEL, METRO–Lokasi Balai Benih Ikan (BBI) Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara, yang asri dan sejuk, membuat Bupati Solok Selatan Khairunas mencetuskan idenya untuk terus mengembangkan B­BI tersebut sebagai salah satu lokasi wisata edukasi (pendidikan) di bidang peri­kanan air tawar.

“Suasananya nyaman dan penuh dengan pepo­honan. Bagus untuk kita kembangkan menjadi wi­sata edukasi perikanan air tawar,” ungkap Bupati Khai­runas di saat mengun­jungi BBI Bariang, Sabtu (11/9/2021).

Dalam arahannya, Bu­pati yang hadir bersama Wakil Bupati Yulian Efi, Sek­dakab Syamsurizaldi, dan sejumlah OPD ter­sebut, menginstruksikan dinas terkait (Dinas Ke­tahanan Pangan dan Pe­rikanan/ DKPP) serta pe­ngelola BBI untuk terus meningkatkan kebersihan dan keindahan di areal tersebut, termasuk me­nambah pepohonan a­gar lebih rindang dan nya­man dikunjungi.

“Lakukan terus peng­hijauan, buat taman.

Jadikan tempat wisata yang diintegrasikan de­ngan kegiatan peri­kanan. Kita terus upayakan dua BBI kita lebih berkembang lagi,” harapnya.

Bupati juga meminta BBI Bariang untuk lebih meningkatkan pro­dukti­fitas dalam menghasilkan bibit ikan, agar dapat di­nikmati oleh masyarakat secara lebih luas.

Guna mendukung itu, ia akan mengkaji untuk me­ningkatkan biaya ope­ra­sional dua BBI yang dimiliki pemkab saat ini, yakni BBI Bariang dan BBI Pakan Sa­lasa di Pauh Duo.

“Jika saat ini biaya ope­rasional dua BBI kita hanya sekitar Rp. 400 juta, tahun depan kita kaji untuk diting­katkan anggarannya. Kita juga mendorong BBI untuk terus berinovasi, dan pem­kab siap untuk men­dukung itu,” ujar Bupati.

Sementara itu, Plt. Ka­dis DKPP Yalasri didam­pingi Plt. Sekretaris Dinas Yani Suryani, Kabid Pe­rikanan Deni Triputra dan Kepala BBI Topin menga­takan bahwa BBI Bariang tersebut sudah tiga tahun menjadi lokasi edu wisata khususnya bagi para p­e­lajar yang ingin lebih tahu tentang dunia perikanan.

Sedangkan untuk pro­duksi bibit ikan tahun 2020 silam, dari kedua BBI ter­sebut menurutnya meng­hasilkan 2,7 juta bibit ikan dari berbagai jenis, dian­taranya ikan Gariang, Ma­laguang, Nila, dan jenis bibit ikan lainnya.

Dalam kunjungannya, disamping meninjau be­berapa pekerjaan fisik di BBI tersebut, Bupati juga memberikan sejumlah ban­tuan bibit ikan kepada be­berapa kelompok tani. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional