Menu

BB Narkoba dan Kulit Harimau Dimusnahkan

  Dibaca : 133 kali
BB Narkoba dan Kulit Harimau Dimusnahkan
MUSNAHKAN— Jajaran Kejari Kota Bukittinggi memusnahkan ribuan gram barang bukti narkoba golongan I di halaman Kejari Kota Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO
Kejaksaan Negeri (Kejari) Bukittinggi musnahkan berbagai barang bukti (BB) dan barang rampasan tindak kejahatan di halaman kantor Kejari, Rabu (21/10). BB yang dimusnahkan tersebut berasal dari 19 perkara tindak pidana umum yang telah inkrah.

Barang bukti tersebut berupa Narkotika golongan I jenis sabu dan ganja kering beserta kulit dan tulang belulang satwa langka yang dilindungi. Merupakan hasil ungkapan kasus periode Juli 2020 hingga Oktober 2020.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan yaitu barang bukti perkara narkotika dengan rincian ganja seberat 17,7 gram, shabu seberat 1.057,69 gram. Barang bukti tersebut merupakan penyelesaian terhadap 18 perkara narkotika, masing-masing 15 perkara sabu-sabu dan 3 perkara ganja dengan terpidana sebanyak 19 orang terpidana.

Sedangkan barang bukti berupa bagian tubuh hewan yang dilindungi itu berupa satu kulit dan tulang belulang harimau serta tulang tengkorak tapir yang merupakan penyelesaian terhadap satu perkara yang menyimpan, memiliki, memperniagakan satwa yang dilindungi sebagaimana diatur dan diancam pidana dlm pasal 40 ayat (2) jo. Pasal 21 ayat (2) UU RI No. 5 Tahun 1999 tentang Konservasi Sumber Daya Alama Hayati dan Ekosistemnya. Dengan jumlah terpidana sebanyak 1 (satu) orang.

“Semua BB sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemusnahan berdasarkan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Bukittinggi bernomor: Print-920/N.3.11/Euh.3/10/2020 tertanggal 14 Oktober 2020,” sebut Kajari Bukittinggi Sukardi didampingi Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Bobi Heryanto.SH MH.

Satu perkara lagi merupakan tindak pidana menyimpan, memiliki, memperniagakan satwa yang dilindungi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 40 ayat (2) jo pasal 21 ayat (2) UU RI No. 5 Tahun 1999 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

”Ada 19 pelaku terpidana dari 18 perkara narkotika yang diselesaikan ini. Satu terpidana untuk perkara satwa dilindungi. Semua barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar dan dihancurkan,” papar Kajari disaksikan unsur forkopimda dan pemerintah daerah Kota Wisata usai pemusnahan.

Pemusnahan barang bukti itu diharpkan dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat bahwa narkoba itu sangat merusak dan tidak ada untungnya sama sekali. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional