Menu

Baznas untuk Kemajuan Masyarakat dan Daerah, Zakat ASN Dibagikan untuk Mustahik

  Dibaca : 110 kali
Baznas untuk Kemajuan Masyarakat dan Daerah, Zakat ASN Dibagikan untuk Mustahik
BAGIKAN ZAKAT— Plt Wako Pariaman Mardison Mahyuddin membagikan zakat bersama Baznas.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Menunjang program daerah di Kota Pariaman, hingga kini Baznas Kota Pariaman mengumpulakn zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Pariaman. Zakat ASN dan para donatur zakat se Kota Pariaman tersebut dibagikan Banzas Kota Pariaman kepada semua mustahik se Kota Pariaman melalui program yang telah dibuat Pemko Pariaman.

Mulai dari program sejahtera, pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatakn ekonomi masyarakat serta jenis lain untuk kemajuan masyarakat dan Kota Pariaman yang lebih baik.

Lihat saja kemarin, Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin kembali menyalurkan zakat PNS Pemerintah Kota Pariaman yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariman kepada mustahik yang berada di Kecamatan Pariaman Utara.

Kali ini zakat dibagikan mellaui program Pariaman Makmur. “Alhamdulillah, kta bersama Baznas Kota Pariaman menyerahkan zakat UMKM yaitu zakat untuk modal berjualan bagi masyarakat yang berada di Kecamatan Pariaman Utara,” kata Mardison Mahyuddin, kemarin.

Mardison Mahyuddin juga menjelaskan bahwa Pemko Pariaman bersama Baznas memberikan bantuan sebanyak 900 juta lebih atau hampir 1 milyar untuk zakat bagi pelaku usaha di Kota Pariaman.

“Ada sebanyak 181 mustahiq mendapatkan zakat berupa uang tunai sebesar Rp. 1.500.000/orang. Tentunya yang mendapatkan zakat kali ini diperuntukan bagi yang memiliki usaha menengah kebawah,” ulasnya.

“Saya berharap dan meminta agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan untuk modal berjualan. Semoga Allah SWT memberkahi dan meridhoi sehingga usaha bapak dan ibu semua dapat berkembang dan mengubah kehidupan lebih baik lagi,” ujarnya.

Selanjutnya, Mardison Mahyuddin mendistribusikan zakat PNS dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman untuk para UMKM di Kecamatan Pariaman Timur.

“Alhamdulillah,kita sekarang memberikan zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman untuk UMKM yang berada di Kecamatan Pariaman Timur. Kita berharap semoga zakat ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan menjadi berkah bagi penerima dan pemberi,” ungkapnya.

Pemberian zakat PNS merupakan hal yang penting untuk menyikapi perkembangan terkini berkenaan dengan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona, hampir semua masyarakat yang merasakan dampak covid-19.

“Kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat yang karena sifat atau keadaannya harus dilakukan secara tatap muka, maka wajib memperhatikan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya karena hingga saat ini ovid-19 masih ada disekitar kita,” tambahnya.

Selanjutnya, Mardison Mahyuddin didampingi pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman menyalurkan bantuan zakat bagi mustahiq untuk program Pariaman Makmur.

Mardison Mahyuddin menyampaikan bahwa zakat ini di salurkan kepada pelaku Usaha Ekonomi Produktif (UEP) atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pariaman.

“Sebelumnya bantuan zakat ini sudah diberikan kepada mustahiq yang berada di Kecamatan Pariaman Selatan, Kecamatan Pariaman Timur, Kecamatan Pariaman Utara. Dan hari ini diperuntukan bagi yang berdomisili di Kecamatan Pariaman Tengah,” ungkapnya.

“Hari keempat diberikan kepada 212 orang mustahiq dari Kecamatan Pariaman Tengah dengan total dana Rp 318 juta. Dengan masing- masing menerima zakat berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp. 1,5 juta,” jelasnya.

Mardison berharap zakat ini dapat membantu menambah modal usaha bagi para pelaku UMKM. Disamping itu, dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha sehingga dapat meningkatkan tarah hidup bagi masyarakat Kota Pariaman.

Sementara itu Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Badan Amil Zakat Nasional (baznas) Kota Pariaman Sofian Jamal mengatakan bahwa pembayaran zakat hari ini dieruntukkan kepada UMKM di Kecamatan Pariaman Timur.

“Insya allah semua yang telah didata akan mendapatkan zakat. Ini merupakan program Pariaman makmur bantuan ekonomi produktif, namun karena pandemi covid- 19, kita akan distribusikan bertahap. Saat ini ada 60 orang yang menerima zakat PNS. Masing – masing akan mendapatkan Rp 1.500.000,” ujarnya.

Dia berharap zakat yang diberikan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan untuk usaha. Meskipun nilai yang diberikan tidak seberapa. Tapi kalau digunakan untuk tambahan modal usaha atau memulai suaha kecil, ini akan bisa membantu ekonomi keluarga.(“”)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional