Menu

Baznas Sijunjung Ditribusikan Zakat Tahap I

  Dibaca : 77 kali
Baznas Sijunjung Ditribusikan Zakat Tahap I
Bupati Sijunjung, Benny Dwifa menyerahkan zakat kepada mustahiq. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Sijunjung berzakat yang telah dicanangkan.

SIJUNJUNG, METRO–Baznas Kabupaten Sijunjung men­distribusikan dana zakat tahap I kepada Mustahiq melalui perwakilan UPZ ma­sing-masing di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung. Penyaluran zakat tersebut sebagai tindak lanjut dari program Sijunjung berzakat yang telah dica­nangkan pada beberapa waktu lalu.

Dana zakat tahap I ini merupakan zakat yang dikumpulkan melaui UPZ dan dikoordinir oleh Baznas Kabupaten Sijunjung dalam kurun waktu Januari sampai Juni 2021. Setidaknya sebanyak Rp2,5 Miliar dana zakat yang terkumpul pada tahap I ini.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa me­nyerahkan  langsung zakat tersebut kepada para mustahiq yang telah dirumuskan kedalam lima program dalam pengelolaan dana zakat oleh Baznas Sijunjung diantaranya, program Sijunjung peduli, Sijunjung cerdas, Sijunjung makmur, Sijunjung Taqwa dan Sijunjung Sehat.

“Gerakan Sijunjung Berzakat dica­nang­kan untuk membantu menye­lesaikan masalah-masalah yang terkait dengan kemiskinan dan sosial ditengah masyarakat, selain merupakan ke­wajiban bagi umat Islam. Dukungan dan partisipasi kita semua sangat dibu­tuhkan, karena zakat ini membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutur Bupati Sijunjung.

Dijelaskannya, peran Baznas sejalan dengan tujuan pemerintah untuk men­sejahterakan masyarakat. “Selain dari program sosial lainnya yang ada di pemerintah, Baznas juga memiliki peran untuk mensejahterakan masyarakat, memberikan perhatian kepada masya­rakat yang membutuhkan,” jelas Benny Dwifa.

Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Hidayatullah, LC, MA menyampaikan, dalam penyaluran dana zakat tahap I ini dari keseluruhan program yang dilaksanakan Baznas, para mustahiq yang akan menerima manfaat lebih dari 2700 orang dari seluruh UPZ.

“Kepada unit-unit yang belum mem­bentuk UPZ agar segera memben­tuknya. Ini bertujuan untuk lebih menye­barluaskan manfaat zakat ke seluruh wilayah di Sijunjung. Prinsip pendis­tribusian dana zakat menyesuaikan dari UPZ masing-masing,” sebutnya.

Kegiatan pendistribusian zakat juga dimanfaatkan oleh Baznas Sijunjung untuk mensosialisasikan program-program Baznas.

“Program Sijunjung peduli diperun­tukkan bagi keluarga ataupun warga yang tertimpa musibah dan bencana. Program Sijunjung cerdas diperuntukkan bagi pelajar atau mahasiswa dari ke­luarga miskin berupa beasiswa. Program Sijun­jung Makmur adalah zakat roduktif bagi keluarga miskin untuk memulai beru­saha,” terang Ketua Baznas Sijun­jung.

“Sedangkan program Sijunjung taqwa diperuntukkan bagi da’i dan mualaf. Program Sijunjung sehat adalah bantuan bagi keluarga miskin untuk dapat memenuhi kebutuhan kesehatan ataupun sarana prasarana yang terkait dengan kesehatan lingkungan seperti jamban sehat dan sarana MCK lainnya,” tambahnya. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional