Menu

Baznas Salurkan Zakat ke Mustahik

  Dibaca : 93 kali
Baznas Salurkan Zakat ke Mustahik
Ketua baznas antarkan zakat kepada mustahik

PADANGPARIAMAN, METRO
Ketua Baznas Kabupaten Padangpariaman Rahmat Tuanku Sulaiman semenjak dilantik menjadi pengurus bersama jajarannya selalu mengantarkan zakat kepada mustahil dalam daerahnya. Sejalan dengan itu Ketua Baznas juga melakukan pelantik kepada  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kabupaten Padangpariaman, seperti di  Kecamatan Lubuk Alung. UPZ merupakan pelaksana mandat dari BAZNAS dalam hal pengumpulan zakat.

“Untuk memantapkan kinerja dari UPZ yang sudah dilantik sangat pennting, karena  peran UPZ sangat strategis dalam peningkatan pengumpulan zakat,” kata Tuangku Rahman Sulaiman, kemarin.

Katanya, berdasarkan pasal 35 Perbaznas nomor 2 tahun 2016 bahwa UPZ adalah melaksanakan mandat pengumpulan zakat dari BAZNAS sesuai dengan tingkatannya.

“Seluruh hasil pengumpulan dana UPZ wajib disetorkan kepada Baznas Padangpariaman,” ujarnya.

Dikatakan, dalam hal diperlukan, UPZ dapat melakukan tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Tugas pembantuan pendistribusian dan pendayagunaan zakat baznas, paling banyak sebesar 70% dari dana yang dikumpulkan oleh UPZ.

“Dengan demikian UPZ bisa mengusulkan program pendistribusian di wilayah kerjanya. Sebab diyakini bahwa UPZ lebih tahu dengan calon mustahik di wilayah kerjanya, sehingga bisa menyalurkan dengan tepat,” ujarnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional