Menu

Baznas Peduli 390 Fakir Miskin

  Dibaca : 812 kali
Baznas Peduli 390 Fakir Miskin

PASAMAN, METRO – Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Pasaman telah mendistribusikan bantuan zakat kepada 390 orang fakir miskin tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Pasaman selama Januari 2017. Yakni bantuan kepada keluarga miskin yang kurang mampu, bantuan berobat, bantuan jompo, beasiswa keluarga miskin, modal usaha bagi keluarga miskin, bedah rumah keluarga miskin dan bantuan bencana alam.

Ketua Baznas Pasaman Syafrizal menyebutkan, bantuan yang telah dikeluarkan oleh Baznas Pasaman, merupakan bantuan yang mulia dan sangat membantu kepada orang yang tidak mampu/fakir miskin. Di mana kategori yang dibantu yakni sudah sangat membutuhkan biaya untuk hidup, berobat, beasiswa pelajar sekolah dan lain-lain.

“Ya, pada priode Januari 2017  Baznas Pasaman sudah mengeluarkan dan membantu keluarga miskin di empat kecamatan, yakni Kecamatan Simpati, Tigo Nagari, Padang Gelugur, Lubuk Sikaping sebanyak 390 orang,” ungkap Buya (panggilan akrab Safrizal).

Dengan rincian sebanyak 66 orang keluarga miskin, dibantu biaya hidup mereka, tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Pasaman dengan total dana yang sudah terbantu yakni Rp23, 2 juta.

Selanjutnya program sehat, yakni bantuan berobat. Program tersebut juga diperuntukkan bagi keluarga miskin, di mana keluarga miskin tersebut sangat membutuhkan bantuan. Oleh sebab itu pihaknya sudah membantu keluarga miskin yang sakit dan dirawat di RSUD sebanyak 84 orang.

Dengan dana yang telah dikeluarkan sebesar Rp50, 9 juta pada periode Januari 2017. ”Itu juga tersebar di 4 kecamatan di Pasaman,” jelasnya. Program peduli yakni bantuan kepada para jompo, pihak Baznas telah membatu sebanyak 134 orang, tersebar di 4 kecamatan, dengan total biaya yang telah diberikan sebesar Rp21,5 juta.

Seterusnya, program bantuan Cerdas yakni berupa Beasiswa bagi keluarga miskin, tujuannya kata Buya, yakni sangat mulia membantu biaya saat menjalani perkuliahan, mudah-mudahan dengan bantuan tersebut biaya semakin terbantu. Selama Januari 2017 jumlah mahasiswa yang sudah dibantu sebanyak 74 orang.

Mereka  tersebar di 4 kecamatan dengan total biaya keseluruhan yakni Rp44.234.000. Program modal usaha, Baznas sudah membantu kepada para pelaku usaha kecil kategori miskin sebanyak 23 orang, dengan dana sebesar Rp29, 9 juta.

Selain itu ada juga program bedah rumah keluarga kurang mampu dari 4 kecamatan tersebar di Pasaman baru 5 rumah yang telah di bantu Baznas pada priode tahun 2017.

Sebanyak 4 unit  itu memakan total biaya yang sudah dibantu sebanyak Rp45 juta.Selanjutnya bantuan bencana alam yakni, bantuan ke masjid di Bukareh, Kecamatan Padanggelugur sebanyak Rp2,5 juta, tujuannya membantu masyarakat setempat untuk pembangunan dan renovasi masjid. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional