Menu

Baznas Padang Salurkan Bantuan Beasiswa dan Sembako Rp 3,3 Miliar

  Dibaca : 213 kali
Baznas Padang Salurkan Bantuan Beasiswa dan Sembako Rp 3,3 Miliar

PADANG, METRO
Baznas Kota Padang salurkan beasiswa kepada anak kurang mampu dan anak anggota Korpri se-Kota Padang. Total dana  beasiswa yang disalurkan pelajar tingkat SD, SMP dan MTs dan bantuan paket sembako ini sebesar Rp 3,3 miliar. “Bantuan ini merupakan program pendidikan Baznas Kota Padang dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) dan mengentaskan kemiskinan” ujar Ketua Baznas Kota Padang H Epi Santoso, Senin (30/11).

Epi Santoso mengatakan, ada tiga kegiatan  yakni, penyaluran beasiswa SD, SMP /MTs se Kota Padang, SD/MI Rp1, 194 miliar untuk 1.706 siswa, MI Rp38 juta untuk 55 siswa, SMP Rp279 juta untuk 310 siswa dan MTs Rp 72 juta untuk 80 orang, dengan total siswa 2151 orang dan total dana Rp1, 8 miliar. Kemudian, penyaluran beasiswa untuk anak-anak anggota Korpri yang terdiri dari anak anak golongan 1 dan 2 senilai Rp 1,4 miliar dan penyaluran paket sembako Rp446 juta dengan jumlah penerima 1.785. “Jadi total dana yang disalurkan dari ketiga kegiatan ini sebesar Rp 3,3 miliar,” ujar Epi.

Katanya, kegiatan kerjasama Baznas dengan Korpri Kota Padang ini  disalurkan sampai 10 Desember mendatang, yang setiap harinya disalurkan sabanyak 245 siswa.

Selain itu UPZ Baznas Padang secara resmi telah terbentuk di Kemenag Kota Padang sehingga zakat pegawai Kemenag ke Baznas Kota Padang. Selain itu program imam kader masjid sudah berjalan, di mana kadernya minimal hafal 20 juz dan paham ilmu fiqih dasar.

Kemenag yang diwakili Furhan Furqani mengatakan, Baznas perlu mempeelebar sayap menggaet muzaki, terutama BUMN yang di Kota Padang. Di antaranya seperti Telekomsel, perlu dirayu bagaimana zakatnya mengalir ke Baznas Padang. “Kami dari Kemenag Kota Padang mengapreiasi kegiatan Baznas dalam memberikan beasiswa kepada ribuan siswa di tengah Covid-19,” ujar Furhan.

Pj Ketua Korpri Kota Padang yang sekaligus Asisten III Setko Padang Didi Hariyadi mengatakan, kegiatan visinya untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan Imtaq dan Imtek. Bantuan ini memang anak anak anggota Korpri, tapi untuk diketahui tidak semua anak anak dri anggota Korpri tesebut warga mampu dalam finansial. ”Dan bantuan Sembako diperuntukkan untuk anak pegawai harian lepas, honorrer yang ada di OPD OPD di lingkungan Pemko Padang,” ujar. Didi. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional