Close

Baznas Kabupaten Sijunjung Lakukan Survei Faktual, Saring Calon Mustahik Program SANASSIB 

DATA—Tim survei lakukan data faktual di lapangan pada masyarakat calon penerima bantaun baznas

SIJUNJUNG, METRO–Baznas Kabupaten Sijunjung melaksanakan Survey Faktual Kelayakan ke lapangan guna menyaring calon mustahik penerima Program SANASSIB.

Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung H. Hidayatullah , Lc.MA. melalui Waka I H.Darmawan, SH. di Muaro Sijunjung.

Program Mustahik SANASSIB kata Darmawan,  yakni beasiswa untuk Satu Sarjana dan Satu Santri Binaan Baznas Kabupaten Sijunjung. Ini adalah salah satu bentuk mendukung program Pemerintah Daerah di bidang pendidikan untuk menyiapkan kader ulama di setiap nagari di masa akan datang. “Calon Mustahik penerima bea siswa itu terdiri dari santri pesantren atau mahasis­wa bidang agama dari keluarga tidak mampu yang sedang aktif mengikuti pendidikan saat ini,” ung­kap Darmawan

Disebutkan, untuk menentukan kelayakan calon menerima bea siswa SANASSIB tahap I ini yang telah diajukan oleh UPZ Nagari melalui UPZ kantor Camat se Kabupaten maka Baznas Kabupaten Sijunjung melaksanakan Survey Faktual kelayakan langsung kerumah calon Mustahik.

Ada 3 Tim yg langsung dipimpin oleh Pimpinan Baznas Kabupaten Sijunjung pada hari Selasa dan Rabu tanggal 25 dan 26 Oktober Kemarin.

TIM I dipimpin langsung oleh Ketua H. Hidayatullah, L.c.MA.dengan 2 orang Amil Pelaksana ke Kecamatan Koto VII untuk 5 orang calon dan Kecamatan Sijunjung untuk 6 orang calon.

Tim II dipimpin oleh Wa­ka I H.Darmawan, SH. de­ngan 2 orang Amil pe­laksana ke Kecamatan Ku­pitan untuk 5 orang calon, ke Kecamatan Tanjung Gadang untuk 6 orang calon.

Tim III dipimpin oleh Waka II H.Syahril Syahda, SH. dengan 2 orang Amil pelaksana ke Kecamatan Lubuk Tarok untuk 8 orang calon dan kecamatan IV Nagari untuk 8 orang Calon.

Survei Faktual kelayakan dilaksanakan dengan melihat langsung kondisi keluarga calon nustahik, meliputi kondisi rumah, tanggung jawab serta kemampuan hidup keluarga.

“Untuk penilaian dengan cara wawancara langsung dengan pimpinan keluarga dan lingkungannya. Sehingga diharapkan pemberian bea siswa yang berasal dari dana Zakat, Infak dan Sadaqah (ZIS) yang dikumpulkan Baznas Kabupaten Sijunjung tepat sasaran penyaluranya,” jelas Darmawan

“Pada tahap I ini calon Mustahik Program SANASSIB Baznas Sijunjung ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari 18 orang Mahasiswa dan 20 orang dari santri yang berasal dari usulan UPZ Nagari melalui UPZ kantor Camat se Ka­bupaten Sijunjung,: pungkas, Darmawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top