Close

Bayi Perempuan Ditinggal di Teras Masjid Istiqomah, Badannya Berlumuran Darah, Tali Pusat Masih Ada

BAYI DITEMUKAN— Kapolsek Harau AKP Herman dan Camat Harau Andri Yasmen memastikan kondisi bayi yang ditemukan di teras masjid yang saat ini dirawat di RSUD Achmad Dawis.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Warga Jorong Padang Mabacang, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, digegerkan dengan penemuan bayi yang tergeletak di teras Masjid Istiqomah, Rabu (13/7), sekitar 4.30 WIB. Diduga, bayi malang yang baru saja dilahirkan itu sengaja ditinggalkan di masjid tersebut.

Pasalnya saat dite­mu­kan, bayi berjenis kelamin perempuan itu masih ber­darah dan masih ada tali pusatnya serta diselimuti kain panjang. Jemaah mas­jid yang menemukan bayi itu kemudian menyela­mat­kan bayi yang sudah ke­dinginan itu dengan mem­ba­wanya ke Puskesmas Tanjung Pati untuk men­dapatkan perawatan.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko San­toso melalui Kapolsek Ha­rau, AKP Herman menga­takan, bayi itu pertama kali ditemukan oleh jemaah masjid bernama Rumzi bersama dengan dua saksi lainnya Yusnimar dan Yu­niar yang hendak menu­naikan ibadah shalat subuh.

“Setiba di halaman mas­jid, ketiga saksi men­de­ngar suara tangisan bayi. Setelah itu, ketiga saksi mencari sumber sua­ra ta­ngisan itu dan akhir­nya menemukan bayi di teras masjid bagian sebe­lah kiri,” ungkap AKP Her­man saat dikonfirmasi war­tawan.

Atas penemuan itu, di­ka­takan AKP Herman, sak­si menghubungi Jorong dan Wali Nagari Batu Ba­lang serta Polsek Harau. Pihak­nya kemudian men­datangi lokasi penemuan bayi p­e­rempuan itu. Bayi perem­puan yang masih dipenuhi darah itu dibawa ke Puskes­mas Tanjung Pati untuk men­dapatkan pera­watan.

“Bayi itu diduga kuat baru saja dilahirkan. K­a­rena masih ada tali pusar dan badan bayi masih ber­darah. Kami kemudian me­ngevakuasi bayi itu ke Pus­kesmas dan selanjutnya dibawa lagi ke RSUD Ach­mad Darwis agar bayi itu mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara terkait sia­pa yang diduga dibuang itu, Polsek Harau masih terus melakukan penyelidikan. Berat badan Bayi yang dite­mukan itu 2,9 kg dan pan­jang 4,8 cm. Hasil pe­me­rik­saan medis, bayi ter­sebut dalam keadaan se­hat seca­ra fisik dan semen­tara dibe­ri nama Indah Istiqomah.

“Kami masih melaku­kan pemeriksaan saksi-saksi untuk mengungkap identitas orang tua dari bayi perempuan ini. Kuat dugaan, bayi ini dibuang oleh orang tuanya yang tak mengininkan kehadiran­nya. Biasanya, yang seperti ini hasil hubungan terla­rang atau luar nikah. Ter­hadap orang tuanya bisa dipidana karena mene­lantarkan anaknya begitu saja,” tegasnya.

Terpisah, Camat Harau Andri Yasmen, menyebut bayi cantik itu kini dalam perawatan di RSUD Suliki. “Memang benar ada pe­nemuan bayi diteras mas­jid istiqomah oleh jamaah masjid yang hendak menu­naikan sholat subuh. Kon­disinya sehat dan memang masih ada tali pusat, dan masih diselumuti kain pan­jang,” ucapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top